Teori Spiral Kebisuan: Pengguna Facebook dan Twitter Lebih Suka “Diam” Jika Beda Pendapat

Teori Spiral Kebisuan: Pengguna Facebook dan Twitter Lebih Suka “Diam” Jika Beda Pendapat

BojonegoroToday – Media sosial seperti facebook dan Twitter dibuat untuk menayangkan status tentang apa yang kita pikirkan, kita rasakan, dan hal-hal yang menjadi gagasan kita.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengguna media sosial cenderung menyembunyikan pendapat mereka bila status mereka ternyata berseberangan dengan pendapat teman, kolega,atau keluarga.

Fenomena sosial ini cukup menarik, dilansir dari The Independent Rabu (27/8) bahwa  sebagian orang cenderung menghibur diri dengan menganggap akan lebih bijaksana untuk tetap diam dan menyembunyikan ide gagasan tentang sesuatu daripada harus menghadapi risiko berdebat dengan teman atau keluarga.

Meskipun Facebook dan Twitter mungkin menjadi media yang sempurna untuk menyebarkan pesan misal seperti kampanye IceBucketChallenge, sebuah laporan baru dari Pew Research Center menunjukkan bahwa media sosial benar-benar menghambat diskusi tentang isu-isu penting.

Para peneliti juga menemukan bahwa media sosial memicu sebuah fenomena yang dikenal sebagai ‘spiral of silence‘ atau spiral kebisuan. Ini merupakan teori yang muncul pada pertengahan 70-an untuk menggambarkan bagaimana individu menekan pandangan mereka sendiri jika mereka percaya bahwa mereka berbeda dari keluarga, teman dan rekan kerja.

Dengan demikian, orang tidak mau mengungkapkan pandangan mereka karena takut dianggap minoritas dan takut mengecewakan teman-teman mereka.

Mereka juga tidak ingin terlibat debat argumen yang sia-sia, atau bahkan bisa jadi perdebatan membuat mereka kehilangan teman-temannya, demikian laporan itu mengungkapkan.

Pengguna sangat menyadari bagaimana orang lain di media sosial memandang mereka. Apalagi dengan adanya isyarat online seperti suka, retweets, komentar, dan lainnya. Itulah mengapa kadang mereka melakukan penyensoran terhadap apa yang mereka pikirkan sebenarnya. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *