Terlalu Lama Mandi Berendam, Malah Rentan Kena Penyakit

Terlalu Lama Mandi Berendam, Malah Rentan Penyakit

BojonegoroToday -Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dari aktivitas rutin yang paling sederhana, yakni mandi. Beragam desain kamar mandi dengan fungsi perangkat yang mendukung aktivitas bersih-bersih diri bisa ini mulai dari shower, bathub, hingga yang paling sederhana bak mandi dan gayung biasa.

Namun demikian sebaiknya mandi yang dilakukan tidak terlalu lama. Menurut dr Eddy Karta SpKK dari Edmo Clinic, Jakarta Selatan dikutip dari detik.com, Rabu (10/9), mandi yang terlalu lama tidak baik untuk kulit karena menyebabkan kulit menjadi putih atau keriput.

Menurutnya berendam sekitar 10 menit tidak menimbulkan dampak buruk tetapi harus diperhatikan juga bahwa airnya tidak terlalu panas.

Senada dengan dr Eddy, dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD juga mengungkapkan pendapatnya bahwa mandi terlalu lama juga bisa menimbulkan dampak negatif. Hal itu akan membuat tubuh rentan dengan penyakit dalam, demikian ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa mandi dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas saja. Meskipun kecenderungan di masa kini mandi dengan gaya barat dengan berendam, tetap tidak baik kalau terlalu lama. Setidaknya berendam terlalu lama bisa menyebabkan orang terkena flu atau masuk angin. (pv)

You may also like...

1 Response

  1. oh malah bahaya ternyata sering lama2 berendam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *