Ternyata Mangga Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

Ternyata Mangga Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

BojonegoroToday– Musim mangga kali ini bisa menjadi momen yang menguntungkan bagi penderita diabetes dan obesitas. Apalagi menurut penelitian, konsumsi buah mangga secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah tanpa takut berat badan naik.

“Hasil menunjukkan bahwa konsumsi harian setengah dari mangga segar (sekitar 100 gram) dapat membantu menurunkan gula darah pada orang dengan obesitas,” kata Edralin Lucas, seorang profesor dari Departemen Ilmu Gizi di Oklahoma State University, dikutip IANS, Selasa( 9/9/2014).

Mangga mengandung banyak senyawa bio-aktif, termasuk Mangiferin, antioksidan yang memberikan kontribusi untuk efek menurunkan glukosa darah.

“Selain itu, mangga mengandung serat yang dapat membantu penyerapan glukosa lebih rendah ke dalam aliran darah,” tambah Lucas.

Selama studi, 20 orang dewasa berusia 20 sampai 50 tahun dengan Body Mass Index (BMI) dari 30 sampai 45 mengonsumsi 10 gram mangga kering. Asupan makanan mereka dimonitor melalui pencatatan makanan selama tiga hari dan dinilai pada masa pertama kali dan setelah 6 dan 12 minggu mengkonsumsi mangga.

Para peneliti menemukan bahwa setelah 12 minggu, glukosa darah turun dan efek ini terlihat pada laki-laki dan perempuan. Meski tidak ada perubahan yang diamati pada berat badan secara keseluruhan, namun, lingkar pinggul pada laki-laki berkurang secara signifikan. Sementara pada perempuan tidak ada perubahan.

“Kami percaya mangga dapat memberikan alternatif makanan pilihan untuk penderita obesitas dalam membantu menurunkan gula darah mereka,” tambah Lucas. Namun, komponen dan mekanisme yang tepat belum ditemukan.  Sehingga uji klinis diperlukan lebih lanjut.

Mangga merupakan sumber yang sangat baik untuk anti-oksidan, vitamin C dan A serta folat. Buah ini juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B6. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *