Tips Melakukan Penghematan dengan Mengatur Belanja Keluarga

Menghemat pengeluaran bulanan adalah salah hal penting dan bahkan harus dilakukan pada sebuah keluarga yang pendapatannya lebih kecil daripada pengeluaran bulanannya. Meningkatkan sumber pendapatan akan melibatkan, baik suami atau istri, menerima pekerjaan sampingan. Ini adalah hal yang sulit dilakukan terutama pada keluarga yang mempunyai anak yang membutuhkan curahan kasih sayang sepenuhnya. Menerima pekerjaan sampingan bisa berarti berkurangnya waktu dengan keluarga dan anak-anak.

hemat-uang-belanjaSaran terbaik adalah dengan mengurangi anggaran belanja rumah tangga sehingga pengeluaran dan pendapatan bisa seimbang. Beberapa aspek dibawah ini akan membantu anda melaksanakan program penghematan belanja.

1. Do-it-yourself, lakukan pekerjaan sendiri

Anda bisa melakukan banyak penghematan dengan melakukan pekerjaan tanpa bantuan orang lain. Pekerjaan seperti membersihkan rumah atau taman, memperbaiki kerusakan rumah seperti pipa air, genteng, bila dilakukan sendiri akan membantu anda menghemat ratusan ribu. Disamping itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan secara fun bersama keluarga dan anak, sekaligus mengajari mereka tentang hidup mandiri.

2. Belanja di toko lokal atau grosir

Sebuah keluarga kelas menengah tidak akan mampu membeli celana jeans bermerk untuk anak mereka di mal. Demi menyiasati ini, orang tua bisa mengunjungi toko-toko lokal diluar mal. Terkadang merk yang sama bisa didapatkan lebih murah di toko lokal ini, belum lagi mereka seringkali memberi diskon dan harganya bisa ditawar!

Keperluan sehari-hari juga demikian. Penghematan akan sangat efektif bila belanja keperluan sehari-hari disertai dengan diskon. Toko ritel semacam Alfamart seringkali memberikan diskon untuk barang-barang tertentu, setiap hari! Kita bisa melihat diskon yang sedang berjalan di situs Alfamart Indonesia.

3. Berhenti konsumsi cemilan, soda, bir, dan rokok

Struk belanja anda akan membengkak bila masih menaruh cemilan, soda, bir, atau rokok dalam keranjang belanja anda. Seseorang menulis testimoni pada sebuah website, bahwa dia bisa menghemat hingga lebih dari 1.500.000 rupiah dengan meninggalkan konsumsi barang-barang diatas, belum lagi ditambah dengan terpeliharanya kesehatan sehingga biaya untuk berobat bisa ditekan.

Junk food, cemilan, dan soda akan membuat berat badan anda naik, meningkatkan resiko terkena penyakit. Asap rokok di rumah anda juga membuat potensi penyakit pada orang-orang serumah. Memelihara kesehatan adalah salah satu teknik penghematan uang yang jitu!

4. Kurangi frekuensi makan di luar

Sebuah keluarga bisa menghemat banyak uang dengan selalu masak sendiri dan makan di rumah. Misalnya bila anda makan di McDonalds, satu menu berkisar puluhan ribu, kalikan dengan jumlah anggota keluarga yang anda ajak makan, katakanlah ratusan ribu sekali makan. Bandingkan bila anda membeli bahan dan memasaknya sendiri di rumah, anda bisa memasak sendiri menu seperti yang ada di McDonalds, dan hasilnya, anda cuma butuh beberapa puluh ribu rupiah untuk semua anggota keluarga, hemat!

5. Bawa bekal dari rumah

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, kali ini anda bisa melakukan penghematan dengan membawa masakan rumah ke tempat kerja. Seseorang bisa melakukan penghematan senilai 200.000 hingga 300.000 rupiah per minggu dengan menerapkan tips ini. Terlebih lagi, anak-anak anda juga perlu dibawakan bekal dari rumah demi penghematan.

6. Hindari rekreasi ke tempat yang jauh

Rekreasi mungkin menjadi momen paling ditunggu keluarga, tapi anda perlu mempertimbangkan ulang saat kondisi pengeluaran dan pemasukan anda tidak seimbang. Biaya transportasi, penginapan, dan konsumsi pasti akan membengkak bila anda rekreasi ke tempat yang jauh. Sebagai gantinya, anda bisa rekreasi ke objek wisata terdekat.

Banyak cara lainnya yang bisa dilakukan sebuah keluarga untuk melakukan penghematan. Belanja barang-barang promo di Alfamart Indonesia salah satunya. Melakukan program penghematan artinya anda hidup secara terencana, meningkatkan kesempatan memiliki barang yang diinginkan, dan mengurangi potensi hutang. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *