Tomat Lebih Berkhasiat Jika Dimasak

Tomat Lebih Berkhasiat Jika Dimasak

Foto:healtheelife.com

BojonegoroToday -Berbicara masalah nutrisi, seseorang bisa jadi berpikir untuk mendapatkannya dari buah-buahan atau sayuran yang paling segar. Namun apakah yang segar itu selalu yang terbaik?

Tomat adalah salah satu sumber makanan yang sangat baik bagi tubuh, namun buah ini termasuk jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi dengan proses memasak.

Studi kesehatan yang dilansir dari Healthy Living, (15/7/2014), mengungkap manfaat yang luar biasa yakni lycopene, zat yang terkandung dalam tomat. Lycopene akan lebih banyak ditemukan pada tomat yang dimasak daripada tomat segar yang baru dipetik dari kebun.

Mengapa demikian? Hal ini terjadi tak lain karena lycopene dilapisi dengan semacam dinding sel. Karena terkena panas, dinding sel tersebut luruh dan melepaskan lebih banyak lycopene untuk diserap tubuh.

Tomat yang diproses seperti saus tomat, saus spaghetti, dan sup tomat merupakan sumber lycopene yang bagus. Lycopene juga bermanfaat untuk diet karena dapat melancarkan aliran darah dan memiliki kemampuan yang sama seperti minyak zaitun.

Pakar kesehatan telah banyak merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lycopene karena fungsinya sebagai antioksidan yang sangat berpengaruh bagi kesehatan. Antioksidan membantu memerangi stres, penyakit kanker dan penyakit jantung.

Karena tubuh manusia tidak memproduksi lycopene maka disarankan untuk mengkonsumsi sumber-sumber makanan yang mengandung zat ini, misalnya anggur merah, jambu biji, dan semangka. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *