Yuk Kenalan dengan Alat Musik Khas Yogyakarta

Alat musik bisa menunjukan ciri khas daerah dan juga kepribadian orang yang tinggal di daerah tersebut. Sangat banyak ragam instrument musik yang bisa kita temukan di setiap daerah. Jika kita berkunjung ke Yogyakarta atau Jawa Tengah, kita juga akan banyak menemukan beberapa instrument musik yang bisa menghasilkan bunyi yang sangat khas dan menarik. Alat apa sajakah itu?

Gamelan Lengkap
Salah satu alat musik khas dari Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah Gamelan Jawa Lengkap. Alat ini terdiri dari banyak sekali instrument musik. Ada 18 buah instrument musik yang bisa ditemukan dalam satu set gamelan jawa lengkap. Setiap instrument musik mempunyai tugas yang berbeda-beda dan juga bisa menghasilkan nada atau irama yang berbeda-beda juga. Gamelan Jawa Tengah dan Gamelan Yogyakarta ternyata tidak sepenuhnya sama walaupun nada yang dihasilkan kurang lebih sama. Gamelan khas Jawa Tengah biasanya digunakan untuk acara kawaritan, wayang orang, wayang kulit dan pertunjukan lainnya. Sedangkan gamelan dari Yogyakarta biasanya hanya digunakan untuk acara yang sangat khusus dan biasanya berhubungan dengan acara keraton. Selain ada gamelan lengkap, kita juga bisa melihat gambang, saron, rebab,kendang, siter dan kepyek-keprak.

Alat Musik Khas Jawa Timur
Bagaimana dengan instrument khas untuk daerah Jawa Timur? Ada beberapa instrument musik yang bisa kita temukan seperti Saronen, Bonang, Gamelan Jawi Wetan, Terompet Reog dan lain sebagainy. Gamelan Jawi Wetan ini berbeda dengan Gamelan Jawa lengkap yang terdapat di Jawa Tengah. Biasanya gamelan jawi wetan ini tidak selengkap gamelan jawa lengkap dan hanya digunakan sebagai pengiring seni pertunjukan ludruk. Kita sebagai generasi muda sudah seharusnya mengenali beragam instrument musik khas Indonesia dan tidak hanya mengenalinya saja namun juga mencintainya. Kita juga harus mau belajar memainkan instrument musik tradisional sehingga keberadaannya tidak akan punah oleh jaman.

Selain itu, kita juga tetap bisa melihat seni pertunjukan dengan iringan alat tersebut jika kita terus melestarikannya. Anda tak perlu harus membelinya karena harga gamelan lengkap sangat mahal. Ada beberapa sanggar yang mengajarkan kita bagaimana cara memainkan beragam instrumen musik tradisional.

You may also like...