Epidemi Ebola Sudah Merenggut 2400 Nyawa

Epidemi Ebola Sudah Merenggut 2400 Nyawa

AFP

BojonegoroToday – PBB merilis informasi bahwa wabah Ebola terburuk yang pernah ada saat ini telah menewaskan lebih dari 2.400 orang, Jumat (12/9/2014).

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Margaret Chan memperingatkan epidemi virus tropis ini menuntut respon yang lebih kuat dan lebih cepat dari masyarakat internasional. Bahkan virus ebola ini menyerang di tiga negara paling parah, yakni Guinea, Liberia dan Sierra Leone dalam kondisi penyebaran epidemi lebih cepat daripada kemampuan medis untuk mengelolanya,” katanya kepada wartawan AFP di Jenewa.

Chan menyatakan, “pada Jumat (12/9), 4784 orang telah terinfeksi Ebola dan lebih dari 2.400 dari mereka telah meninggal,”

Chan tidak menjelaskan secara detail apakah perhitungan tersebut juga termasuk Nigeria. Negara tersebut telah melaporkan adanya 21 kasus, 8 fatal, karena wabah Ebola yang mematikan sejak data jumlah korban dicatat sejak kasus pertama di Guinea pada awal tahun ini.

WHO sejauh ini sangat mendukung upaya jalan keluar untuk menemukan obat potensial dan berharap vaksin tentatif akan tersedia pada bulan November, meski hingga saat ini tidak ada perawatan medis berlisensi atau vaksin untuk Ebola.

Chan menegaskan bahwa meskipun hal yang paling dibutuhkan dari semua adalah orang-orang yang membantu di lokasi wabah. Dia menyambut baik komitmen dari Kuba yang mengirim 62 dokter dan 103 perawat ke Sierra Leone, di mana lebih dari 500 orang telah meninggal.(tri/sumber:AFP)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *