Erupsi Gunung Ontake: 36 Orang Diperkirakan Tewas

Erupsi Gunung Ontake: 36 Orang Diperkirakan Tewas

Foto: AP/ Koji Ueda

KISO – Pasca letusan Gunung Ontake di Jepang, pihak Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran di Jepang bekerja keras untuk menyelamatkan korban. Dalam  misi ini ditemukan lima tubuh korban tewas hari Senin (29/9) kemarin.

Petugas kepolisian menyatakan bahwa ditemukannya lima jenazah ini semakin menguatkan asumsi bahwa korban tewas mencapai 36, namun demikian penyelamatan untuk korban selanjutnya masih ditunda akibat hujan gas beracun dan material vulkanis yang menyelimuti area gunung.

Naofumi Miyairi, juru bicara polisi prefektur Nagano menyatakan bahwa jumlah korban yang berhasil dibawa turun adalah 12 jenazah. Belum diketahui pasti penyebab korban meninggal, entah karena gas beracun, asap kabut, lontaran batu pijar, atau penyebab lain.

Katsunori Morimoto yang merupakan petugas di desa Otaki menuturkan sebagaimana dilansir dari Japan Today (29/9), bahwa lebih dari 200 tentara termasuk unit petugas pemadam kebakaran berbekal peralatan deteksi gas turut serta ambil bagian dari misi pencarian dekat puncak gunung.

Sayangnya upaya itu harus dihentikan akibat peningkatan gas beracun dan abu gunung berapi terus memuntahkan asap.

“Kedengarannya seperti ada abu yang luar biasa pekat di sana,” kata Morimoto, bau belerang sangat kuat,”

Sebelumnya ratusan orang dilaporkan terjebak di lereng Gunung Ontake saat erupsi secara mendadak pada Sabtu (27/9) lalu. Namun sebagian besar berhasil turun dan selamat dari bencana tersebut. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *