Gunung Ontake Jepang Meletus, Pendaki Terjebak di Lereng

Gunung Ontake Jepang Meletus, Pendaki Terjebak di Lereng

Foto: JapanToday

BojonegoroToday – Puluhan pendaki terjebak , Sabtu (27/9) di lereng gunung berapi Ontake Jepang yang tengah meletus. Dalam peristiwa itu satu orang dilaporkan tewas dan 30 orang luka-luka, dilansir dari JapanToday Minggu, (28/9).

Selama kurang lebih 9 jam lebih hujan abu, batu dan kabut panas terus dimuntahkan dari Gunung Ontake. Hujan abu sangat deras hingga mencapai ketebalan 20 cm menyelimuti area seluas 3.067 meter di sekitar gunung berapi.

Sekitar 230 orang yang mengungsi telah mencapai lokasi aman tetapi 40 orang lainnya masih terjebak di puncak di mana mereka menghabiskan malam di tempat penampungan, demikian media lokal Jepang melaporkan.

Sementara itu menurut pantauan NHK dalam insiden tersebut sekitar 32 orang cedera serius, termasuk lebih dari 10 yang tidak sadar.

“Kecepatan asap itu terlalu cepat. Anda tidak dapat melarikan diri, “kata seorang pendaki NHK. “Saya khawatir bahwa lebih banyak orang yang masih di gunung.”

Di Tokyo, Perdana Menteri Shinzo Abe memerintahkan pihak tim penyelamat untuk mengirim pasukan ke puncak untuk menyelamatkan para korban yang masih ada dalam area jangkauan letusan gunung berapi. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *