Hello Kitty Bukan Kucing, Netizen Sedunia Heboh

Hello Kitty Bukan Kucing, Netizen Sedunia Heboh

Anda percaya Hello Kitty bukan kucing?

BojonegoroToday – Berita tentang Hello Kitty bukanlah kucing menyebar secara viral di dunia maya memicu beragam ekspresi kaget dari berbagai pihak. Hello Kitty si ikon kartun Jepang buatan Sanrio yang menghiasi berbagai pernak-pernik lucu mulai dari tempat tidur, jam, boneka, pensil, hingga tissue , ternyata ditegaskan oleh pihak perusahaan bahwa ia bukan kucing, tetapi manusia.

Pernyataan Sanrio terdengar sangat kontroversial. Karena nyatanya ikon yang sangat populer di sekitar 130 negara, ini memiliki kumis dan telinga runcing di atas kepalanya.

Dilansir dari TheJakartaGlobe, Kamis (28/8/2014), pihak Sanrio menyatakan “Hello Kitty adalah seorang gadis kecil yang gembira dan ceria serta berhati emas,” kata pemilik merek Sanrio di situsnya.

Penyataan tersebut terungkap saat Christine Yano, seorang antropolog dari University of Hawaii, telah dikoreksi dengan sangat jelas oleh pihak Sanrio bahwaHello Kitty bukanlah kucing.

Pihak akademisi Hawaii memang saat itu meminta Sanrio untuk memeriksa keterangan dan fakta untuk pameran terkait menandai ulang tahun ke-40 Hello Kitty. Hello Kitty sendiri muncul pertama kali di tahun 1974.

Sebagaimana dilansir dari TheJakartaGlobe, Christine Yano  dalam laporannya menulis bahwa “Itu salah satu koreksi Sanrio yang dibuat untuk naskah pertunjukan. Hello Kitty bukanlah kucing. Dia adalah karakter kartun. Dia adalah seorang gadis kecil. Dia adalah seorang teman. Tapi dia bukanlah kucing. Dia tidak pernah tampil menggunakan keempat kakinya. Dia berjalan dan duduk seperti makhluk berkaki dua.”

Hal itu dipertegas dengan penjelasan dari juru bicara Sanrio di Tokyo, “Ini adalah 100 persen karakter yang dipersonifikasi. Desainnya memang mengambil motif kucing, tetapi tidak ada unsur kucing dalam setting Hello Kitty.”

Juru bicara tersebut juga memaparkan bahwa kisah hidup dan personifikasi Hello Kitty memang selalu ada. Tujuannya agar para fans dan penggemar merasa lebih dekat dengan karakter Hello Kitty yakni sebagai teman.

Personifikasi tersebut dijelaskan sangat detail di web profil Sanrio yang menuliskan biodata lengkap Hello Kitty. Bahkan sangat mengejutkan saat diketahui ternyata Kitty memiliki hewan peliharaan “kucing asli” bernama Kitty Charmmy. Padahal Kitty sendiri juga memiliki bentuk wajah bundar, telinga runcing di atas kepala, kumis dan tidak memiliki mulut.

Netizen di Twitter pun Heboh

Berbagai reaksi pun muncul di media sosial terkait berita ini. Aksi celoteh di Twitter pun ramai membahas tentang Hello Kitty bukan kucing. Salah satunya adalah twit dari @eisakuivan

“Sanrio menegaskan bahwa Hello Kitty BUKAN kucing. Salah satu dari banyak alasan mengapa saya memiliki masalah kepercayaan “

Saat ditanya tentang reaksi di seluruh dunia yang heboh terkait berita ini, juru bicara Sanrio balik berkata: “Saya tidak berpikir orang-orang di Jepang akan terkejut. Ada penjelasan yang telah kita buat sepanjang waktu, dan saya pikir itulah bagaimana orang memahaminya.” (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *