Indahnya Kilauan Berlian paling Langka “Blue Moon”

Indahnya Kilauan Berlian paling Langka "Blue Moon"

Sempurnanya berlian super langka 12 Karat, dengan warna biru terang yang menggoda. Foto: Reuters

BojonegoroToday – Berlian warna biru yang dinobatkan sebagai salah satu dari jajaran berlian terlangka di dunia hadir di Natural History Museum Los Angeles, pada Jumat (12/9/2014).

Kilauan berlian langka 12 karat itu menambah daya tarik bagi pengunjung museum. Di sana Blue Moon dijajarkan bersama berlian-berlian koleksi lainnya.Koleksi batu mineral di Natural History Museum sekitar 3000 batu-batuan permata. Selain itu juga terdapat hampir 150,000 spesimen batu-batuan, mineral, dan meteorit yang kebanyakan berasal dari California.

Berlian warna biru merupakan jenis yang langka. Berlian ini dibeli dalam bentuk yang masih kasar oleh perusahaan berlian Cora International di bulan Februari tahun ini. Cora International sendiri sudah mengeluarkan biaya hingga 25,6 juta dolar. Rencananya berlian ini akan dipajang di museum LOs Angeles hingga Januari 2015.

Karakteristik Blue Moon sendiri sangat spesial. Berlian ini masuk kategori temuan yang sangat penting karena warnanya yang unik, kejernihannya, dan ukurannya.Berlian tersebut memiliki kondisi sangat bagus dan sempurna, tak ada cacat di dalamnya.

“Anda bisa dapat warna biru terang yang berbeda, tapi biru yang ini benar-benar warna fenomenal, saturasinya tidak ada di grafik,” kata Suzette Gomes, chief executive officer dari perusahaan Cora International. “belum pernah saya selama bergelut di dunia berlian ini, melihat warna yang seperti ini,”

Batu permata tersebut juga menarik perhatian ilmuwan di bidang geologis. Terutama terkait asal-muasal terbentuknya berlian ini. Salah seorang ahli ilmu mineral di Natural History Museum, Eloise Gaillou,berkata bahwa berlian muncul sekitar 145 Km di dalam bumi, sehingga hal itu meninggalkan sebuah pertanyaan apa yang terjadi di dalam mantel bumi.

“Asal warna biru adalah boron, elemen yang tidak sering ada di kedalaman bumi, kata Gaillou, ” berlian biru sangat langka karena boron tidak sering ada di bawah sana, jadi ini akan membantu kami untuk tahu lebih banyak tentang mengapa, bagaimana,dan mungkin juga kapan, ” katanya.(tri/reuters)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *