Inovasi Karaoke di Jepang, Dari Software Karaoke Hingga Alat Penghitung Kalori

Karaoke telah menjadi bagian budaya pop yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kaum urban sampai pinggiran. Tak peduli suara pas-pasan, kegiatan bernyanyi ala karaoke menjadi hiburan yang menyenangkan terlebih bila dilakukan bersama orang-orang terdekat. Bila dilihat sejarahnya, karaoke ini sudah dikenal di Kobe, Jepang, sejak 1980-an.

software karaoke

Namun saat itu, kebiasaan orang berkaraoke sembari diiringi musisi pengiring. Di sinilah teknologi karaoke, didukung oleh sales jual software karaoke sehingga mulai berkembang. Suatu kali sang musisi tidak hadir, lantas pemilik tempat karaoke tak kehilangan akal, mereka memutar cakram lagu, sehingga para pelanggannya tetap bisa bernyanyi seperti biasa.

Pada 1984, mulai dikembangkan karaoke box di Jepang. Pemilik tempat karaoke membuat ruang persegi kedap suara (soundproofing) agar para pelanggan bisa leluasa melantunkan lagu-lagu favoritnya, tanpa mengganggu orang sekitar. Dari sekadar box, tempat karaoke soundproofing berkembang menjadi ruang karaoke berukuran kecil sampai besar.

Tiap ruangan dilengkapi peralatan, dari monitor televisi, penggunaan software karaoke, mikrofon, terkadang disediakan juga instrumen musik marakas dan tamborin. Tidak hanya ruang yang disewakan secara komersial, peranti ini juga ada di rumah kalangan menengah atas.

Industri karaoke di Jepang pun kian berkembang pesat. Bahkan tersedia tempat karaoke yang dilengkapi alat penghitung kalori. Alat ini bekerja secara otomatis begitu karaoke telah usai. Para pelanggan bisa mengetahui kalori yang ada di tubuhnya sebelum dan sesudah berkaraoke.

Selain alat penghitung kalori, One Kara, tempat karaoke ini hanya bisa dimasuki oleh satu orang saja. Uniknya, setiap ruang karaoke dilengkapi dengan berbagai perlengkapan rekaman sehingga pelanggan bisa menyimpan hasil karaoke mereka dan juga mengunggah video tersebut.

Berawal di Kobe, kini karaoke menyebar ke berbagai negara, dari Cina, Asia Tenggara, AS, hingga Eropa. Kini, karaoke bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga menjadi peranti edukasi oleh orang tua kepada anak, dari mengajarkan lagu hingga pengetahuan. Berniat mengajak keluarga atau kerabat Anda berkaraoke di akhir pekan? Pastikan Anda memilih karaoke yang tak hanya nyaman, namun juga peranti yang dipakainya pun canggih, seperti menggunakan software karaoke.

You may also like...