Jepang Dilanda Topan Dahsyat

Jepang Dilanda Topan Dahsyat

BojonegoroToday – TOKYO – Angin topan yang sangat kuat melanda Jepang dan kemungkinan mengarah ke Tokyo pada hari Senin. Angin topan ini telah menghantam bagian barat daya Jepang dengan hujan lebat dan angin. Sejumlah penerbangan dibatalkan bahkan aliran listrik di area tersebut padam.

Dilansir dari Japan Today Minggu (5/10), Badan Meteorologi Jepang mengatakan pada bahwa hembusan topan mencapai 216 kilometer per jam dan tekanan atmosfer pusat sebesar 945 hectopascals. Topan Phanfone ini melaju sekitar 20 km per jam,

Topan yang melanda bagian Pulau Kyushu dan Okinawa dengan hujan lebat dan angin ini diperkirakan akan mengarah ke utara.Sementara di wilayah Jepang timur termasuk wilayah metropolitan Tokyo akan ada hujan lebat dengan curah 100 mm disertai angin deras. Akibatnya aktivitas masyarakat banyak yang terganggu, mulai dari jadwal penerbangan yang ditunda hingga diliburkannya sekolah-sekolah.

“Sekolah saya memutuskan untuk meliburkan kelas besok,” kata Tomoko Kakinuma, seorang mahasiswa berusia 20 tahun di Tokyo.

Pada hari Minggu, Nippon Airways dan Japan Airlines Co membatalkan penerbangan ke beberapa kota di Jepang selatan. Sementara itu Kyushu Electric Power Co mengatakan lebih dari 21.000 rumah tangga terkena dampak dengan hilangnya pasokan listrik akibat topan.

Nansei Sekiyu, kilang minyak di Jepang yang sepenuhnya dimiliki oleh Brasil Petrobras, telah menghentikan operasi laut di perusahaannya. Karena badaiĀ topan ini, produksi 100.000 barel per hari kilang di Okinawa ini berhenti dijalankan. Namun demikian operasi di wilayah lainnya tidak terpengaruh, kata seorang juru bicara perusahaan. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *