Kasus MH17 Belum Diteliti Secara Rinci

BojonegoroToday –Pesawat MH17 milik Malaysian Airlines masih diselidiki terkait dugaan bahwa pesawat tersebut dihantam benda berkekuatan tinggi sehingga jatuh dan menewaskan 289 orang. Namun demikian, dilansir dari JapanToday, Rabu (10/9), pihak peneliti belum memberikan laporan hasil terkait pemeriksaan pesawat tersebut.

Pihak penyidik ​​sejauh ini hanya menganalisis dan mempelajari data yang ada di foto-foto lokasi kecelakaan, data radar dan informasi yang diperoleh dari kotak hitam. Kotak hitam yang merekam suara kokpit dan merekam data penerbangan adalah alat yang sangat penting untuk mengetahui apakah ada kendala teknis yang terjadi di pesawat sebelum jatuh.

Namun demikian, setelah diselidiki ternyata kotak hitam tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesalahan teknis atau situasi darurat. Tidak ditemukan nada peringatan yang ada di kokpit yang mungkin menunjuk ke masalah teknis, demikian ungkap Dewan Keselamatan melalui laporan yang dirilis Selasa kemarin.

“Pemeriksaan rinci dari kerusakan struktur sedang berlangsung,” kata laporan  yang dirilis oleh Dewan Keselamatan Belanda (Dutch Safety Board). “Pemeriksaan forensik akan dilakukan jika puing-puing dapat dipindahkan.”

Karena konflik yang sedang berlangsung antara pemberontak pro-Rusia dan pasukan Ukraina, peneliti dari Dewan Keselamatan belum mengunjungi lokasi jatuhnya puing-puing MH1.

Pemberontak pro-Rusia secara resmi menyangkal telah menembak jatuh pesawat, tapi salah satu senior pemberontak secara tidak resmi mengakui mereka berada di balik serangan rudal tersebut. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *