Kolaborasi AS dan India Eksplorasi Mars

Logo NASA

Logo NASA

BojonegoroToday – Administrator NASA Charles Bolden dan Kepala Riset Angkasa India (ISRO) K. Radhakrishnan menandatangani dua perjanjian terkait misi observasi Bumi dan misi bersama untuk mengeksplorasi Mars.

Perjanjian yang ditandatangani saat Kongres Astronot Internasional ini membicarakan tentang kerjasama kedepan antara NASA – ISRO dalam misi eksplorasi Mars. Mereka juga menandatangani kesepakatan tentang kerjasama misi NASA-ISRO Synthetic Aperture Radar (NISAR) yang dicanangkan berjalan pada 2020.

“Penandatanganan ke dua dokumen ini menunjukkan komitmen kuat NASA dan ISRO dalam memperkuat sains dan kehidupan di Bumi,” kata Administrator NASA Charles Bolden. “Kerjasama ini akan menghasilkan manfaat nyata bagi kedua negara dan dunia.”

Sebelumnya, kedua agensi ini baru saja mendaratkan pesawat ulang aliknya pada orbit Mars. Mars Atmosphere and Volatile EvolutioN (MAVEN) milik NASA tiba pada 21 September guna mengeksplorasi kerenggangan atmosfer terluar Mars. Sedangkan Mars Orbiter Mission (MOM), pesawat ulang alik pertama India untuk Mars tiba pada 23 September untuk meneliti permukaan Martian dan atmosfer serta mendemonstrasikan teknologi yang diperlukan antar planet.

“NASA dan ilmuwan India punya sejarah panjang berkolaborasi dalam keilmuan luar angkasa.” kata John Grunsfeld dari NASA. “Kesepakatan baru antara NASA dan ISRO dalam ilmu Bumi dan eksplorasi Mars akan menguatkan hubungan kita secara signifikan, serta ilmu pengetahuan yang akan dicapai dari ini.”

NASA dan ISRO sebelumnya telah menjalin kesepakatan pada 2008. Perjanjian tersebut berkaitan tentang misi eksplorasi Bulan. Dalam misi tersebut ditemukan kumpulan es pada kutub utara di Bulan. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *