Kuburan Massal Ditemukan di Meksiko

Kuburan Massal Ditemukan di Meksiko

REUTERS/Jorge Dan Lopez

BojonegoroToday – Iguala – Sebuah kuburan massal ditemukan di pinggiran kota Iguala, Meksiko di mana 43 siswa hilang pada Tgl. 27 September, kata para pejabat dikutip dari bbc Minggu (5/10).

Iguala terletak sekitar 120 mil (200 km) selatan ibukota Mexico City. Kuburan itu ditemukan pada hari Sabtu.

Belum diketahui apakah mayat-mayat yang ditemukan di lubang adalah dari para siswa yang hilang. Para siswa yang hilang sebelumnya adalah sekelompok anak yang melakukan perjalanan ke suatu tempat di negara bagian Guerrero, untuk melakukan aksi protes atas hak-hak guru di daerah pedesaan.

Saksi mata mengatakan sebagian besar dari siswa-siswa tersebut merupakan guru magang. Mereka dibawa petugas kepolisian ke dalam mobil polisi sebelum menghilang.

Polisi menembaki kendaraan mereka dan mengakibatkan enam orang tewas. AKibat insiden tersebut sebanyak 22 petugas polisi ditahan.

Awalnya sebanyak 44  siswa yang dinyatakan hilang dari total 57 siswa yang ikut aksi aksi protes atas diskriminasi pekerjaan terhadap guru-guru di pedesaan.

Sekitar 13 di antaranya yang selamat, muncul untuk mengungkap kasus ini setelah berhari-hari bersembunyi karena takut nyawa mereka terancam.

Tidak diketahui persis berapa banyak mayat yang ada dalam lubang di Iguala tersebut.

Jaksa Guerrero Inaky Blanco mengatakan saat ini ahli forensik berusaha untuk mengidentifikasi para korban.

Selain itu, Jaksa penuntut umum mengatakan para pejabat dan polisi setempat bisa memiliki keterkaitan dengan kelompok-kelompok kriminal yang beroperasi di negara Guerrero.

Surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk walikota Iguala, Jose Luis Albarca dan kepala keamanannya, di mana keduanya dianggap sebagai buronan atas kemungkinan keterlibatannya dalam insiden ini. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *