Longsor di Hiroshima: Evakuasi Ditunda Karena Hujan

Longsor di Hiroshima: Evakuasi Ditunda Karena Hujan

Foto: Japantoday

BojonegoroToday – Akibat hujan deras yang memicu banjir dan longsor, hari Rabu lalu (20/8) menimbulkan korban yang cukup banyak. Menurut sumber berita dari Reuters, sekitar 50 orang menjadi korban dan 39 orang di antaranya dikonfirmasi telah tewas.

Namun demikian pencarian korban longsor di Hiroshima, Jepang masih harus terhenti.  Pada Jumat (22/8) hujan turun cukup deras sehingga para petugas dan relawan pun menunda pencarian karena ditakutkan akan muncul longsor susulan, demikian berita dari CBC.

Di sisi lain berita bencana ini mendulang reaksi dan kecaman keras dunia internasional pada Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Abe juga dikritik oleh pihak oposisi karena penanganan yang terkesan tidak serius dengan bencana longsor yang menimpa warganya. Ia sedang berlibur dan bermain golf pada hari kejadian. Saat ia mendengar kabar tersebut ia tidak langsung bertindak, namun meneruskan permainan golfnya hingga beberapa putaran.

Longsor bermula sejak hujan deras yang mengguyur selama beberapa minggu sebelumnya. Hujan deras di daerah yang lokasinya sekitar 3 km dari pusat kota tersebut  memiliki curah hujan 240 mm. Pada akhirnya akibat hujan yang turun terus-menerus, lereng pun ambrol dalam 24 jam pada Rabu pagi (20/8), papar Badan meterologi. (TRI)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *