Malaysia dan Australia Kerja sama Penyelidikan Jatuhnya MH17

Malaysia dan Australia Kerja sama Penyelidikan Jatuhnya MH17

Foto: Telegraph

BojonegoroToday -Penyelidikan tentang tragedi MH17 di Ukraina akan dilakukan oleh Australia dan Malaysia. Hal ini diputuskan pasca pertemuan antara Perdana Menteri Tony Abbott dan PM Najib Razak, di Kuala Lumpur pada hari Sabtu 6 September 2014 kemarin, demikian sebagaimana dikutip dari ABC Minggu (7/9).

Proses penyelidikan ini merupakan upaya dari kedua belah pihak untuk mencari tahu faktor penyebab jatuhnya pesawat dan mengethaui siapa pihak yang bertanggung jawab dengan peristiwa yang menewaskan ratusan orang ini.

PM Razak sendiri berharap agar proses penyelidikan dilakukan dengan transparan dan menyeluruh berdasarkan konvensi internasional yang berlaku.

PM Razak menegaskan bahwa pencarian bukti-bukti terkait kejahatan yang dilakukan pada MH17 harus ditemukan. Agar nantinya pihak yang bertanggung jawab atas insiden ini harus ditindak sesuai hukum.

Pertemuan kedua Perdana Menteri ini bukan hanya membicarakan tentang perkembangan MH17, namun juga tentang bahaya kelompok ISIS yang semakin meresahkan.

Meskipun Malaysia merupakan negara mayoritas Islam, pihak Malaysia mengecam tindakan kejahatan yang dilakukan ISIS.

Razak menilai bahwa tindakan kejahatan ISIS tidak merepresentasikan Islam. Bahkan penggunaan nama ISIS juga merupakan kesalahan. ISIS merupakan ancaman serius bagi dunia internasional. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *