Malaysia Gelar Penghormatan untuk 20 Jenazah Korban MH17

Malaysia Gelar Penghormatan untuk 20 Jenazah Korban MH17

BojonegoroToday – Dua puluh korban tragedi naas pesawat MH17 telah tiba di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia, Jumat (22/8). Kedatangan jenazah disambut dengan upacara penghormatan dengan iringan militer Malaysia, disaksikan oleh pihak Kesultanan Malaysia, Perdana Menteri, dan sanak keluarga dari korban MH17.

Penghormatan tampak dari ditetapkannya hari berkabung nasional di Malaysia untuk para korban pesawat. Seluruh masyarakat yang hadir diminta untuk mengheningkan cipta oleh Yang Dipertuan Agung Tuanku Abdul Halim Mu’adzam Shah untuk berkabung dengan menaikkan bendera setengah tiang, dan mengenakan pakaian duka berwarna hitam. Turut hadir pula Istri Sultan Malaysia dan para pejabat tinggi di kesultanan Malaysia sebagai bentuk bela sungkawa bagi para korban.

Setidaknya 20 yang kembali pulang ke Malaysia dari total 43 warga Malaysia yang berada dalam pesawat tersebut. Di antara 43 orang tersebut, 20 korban yang terdiri dari 11 penumpang dan 9 kru pesawat dipulangkan hari Jumat (22/8). Sementara 10 korban yang sudah ditemukan lainnya belum bisa dipastikan kepulangannya karena masih menindaklanjuti proses identifikasi sampel DNA dengan pihak keluarga yang terkait.

Namun demikian tidak semua jenazah diturunkan di Kuala Lumpur. Tujuh korban dari 20 jenazah yang tiba di KLIA, Sepang, Malaysia langsung diterbangkan kembali dengan pesawat dan helikopter Angkatan Tentara Malaysia menuju negara bagian Perak, Serawak, dan Johor.

Jenazah yang pulang tidak semua dalam keadaan utuh, sebagian dalam bentuk serpihan. Terdapat 17 peti mati dan tiga guci untuk menampung sisa-sisa serpihan korban yang ditemukan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa 17 Juli 2014, Pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 rute penerbangan Amsterdam – Kuala Lumpur telah ditembak jatuh di Ukraina. Sejumlah 298 penumpang termasuk awak pesawat tewas dalam insiden tersebut. (TRI)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *