Mengintip Seni Kontemporer Unik dari Negeri Ginseng

Karya seni kontemporer sering kali membuat para penonton yang melihatnya seperti diharuskan memiliki kemampuan intelektual dan kemampuan intuitif yang tinggi. Sehingga, mereka dapat dengan mudah mencerna imajinasi para seniman yang dituangkannya dalam bentuk karya seni kinetic. Para seniman terkadang sengaja membuat suatu karya yang unik dan bisa dibilang ‘out of the box’. Tak jarang mereka menyisipkan makna keindahan tersembunyi pada karya seni tersebut.
Beberapa seni kontemporer Korea yang bertajuk Window K-Art ini menampilkan keindahan negara tersebut dari berbagai sisi. Mulai dari lukisan tradisional Korea, keramik, pahatan, patung, foto, hingga instalasi video. Berikut beberapa karya seni kontemporer unik hasil karya seniman Korea:
1. Early Spring karya Lee Nam
Karya instalasi video ini awalnya terinspirasi dari lukisan asal Cina. Seniman Lee Nam memberi nama Early Spring. Instalasi video ini sekilas seperti lukisan pemandangan. Namun, jika Anda lebih dekat, ia akan menampilkan berbagai gambar yang berbeda dan suara yang dikeluarkan, yaitu gemericik air terjun, langkah kaki, dll.
2. Rest karya Lee Hae Gae
Seniman Lee Hae Gee membuat gambar Buddha sedang duduk bersila di atas kanvas hitam berukuran 92×192 cm. Uniknya, posisi gambar Buddha dibuat membelakangi kanvas, sehingga nampak bagian punggungnya saja. Ia menambahkan bubuk emas pada bagian gambar Buddha-nya.
3. View (Green) karya Jung Kwang Sik
Pahatan karya Jung Kwang Sik tak kalah unik dengan karya seni lainnya. Pahatan batu yang berasal dari Jepang ini dibuat seperti lukisan. Seniman ini pernah memamerkan karyanya di Simyo Galerry di Seoul, Nampo Art Museum, Goheung, Bill Lowe Gallery Atlanta, dan lain-lain.
4. Silence karya Yoon Sang Yuel
Seniman asal Korea Selatan ini membuat lukisan tiga dimensi dari goresan pensil yang digariskan berulang-ulang hingga membentuk garis horizontal. Ia membuatnya di atas kertas dan dalam tiga kanvas besar.
Karya seni kontemporer di atas pernah dipamerkan di pameran Museum Nasional. Pameran ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar Korea Selatan, Korean Cultural Center Indonesia, Symyo Gallery Korea yang berfokus pada pasar Asia Tenggara dan International Cultural Center Surabaya. Dari karya seni di atas mana yang menurut Anda paling menarik? Apakah Anda memiliki nama seniman kontemporer lainnya yang menjadi favorit Anda? Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like...