Norwegia Bunuh Ratusan Ekor Paus

Norwegia Bunuh Ratusan Ekor Paus

Foto: NOAA

BojonegoroToday – Hingga akhir Agustus ini, Norwegia tercatat telah membunuh 729 Paus minke utara (Balaenoptera acutorostrata) selama musim perburuan ikan paus tahunan.

Norwegia melanjutkan tradisi berburu paus dengan mengajukan “penolakan” atas larangan International Whaling Commission (IWC), yakni sebuah organisasi internasional yang melarang pembunuhan terhadap satwa laut tersebut.

Dilansir dari theepochtimes, Selasa (9/9), tercatat ada tiga negara yang masih mempraktikkan acara memburu paus ini yakni Islandia Norwegia, dan Jepang. Jepang sendiri bahkan telah memburu spesies paus sekitar 3600 ekor dan terancam untuk dilarang melanjutkan tradisi membunuh hewan ini oleh pihak International Court of Justice (ICJ). Saat ini ketiga negara tersebut berupaya melobi agar tradisi ini bisa terus dilakukan dan mencoba mengelak dari larangan yang dikeluarkan pihak IWC.

Svein Ove Haugland, Wakil Kepala Organisasi Penjualan dari Nelayan Norwegia mengakui kepada AFP, bahwa permintaan untuk daging paus saat ini anjlok sekalipun musim 2014 ini sangat bagus.

“Ada hambatan di pasar dan distribusi. Kami harus membangun kembali permintaan daging ikan paus, terkait dengan persaingan ketat dari daging dan ikan, ” katanya.

Paus minke utara adalah jenis paus rorqual yang terkecil, yang merupaka bagian dari keluarga cetacea yang terdiri dari 9 spesies. Paus minke utara saat ini termasuk kategori “sedikit mengkhawatirkan” berdsarkan IUCN. Paus ini diperkitakan hanya tinggal 180,000 ekor. Sementara 100,000 di antaranya ada di samudra Atlantik di mana orang-orang Norwegia melakukan penangkapan. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *