Pencarian MH370 di Bawah Air Mulai Dilakukan Malaysia

Pencarian MH370 di Bawah Air Mulai Dilakukan Malaysia

AFP

BojonegoroToday – Kuala Lumpur – Pencarian hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 memasuki babak baru pada hari Senin, (6/10) dengan proses pencarian di bawah laut, demikian kata salah satu pihak pemerintah Malaysia dikutip dari AFP.

Sampai saat ini para ahli sedang melakukan pemetaan dasar laut di zona pencarian Samudera bagian selatan India ke lokasi pesawat berpenumpang 239 orang itu diperkirakan jatuh.

Kapal GO Phoenix yang dikontrak Malaysia kini telah tiba di kawasan tersebut dan mulai memindai dasar laut, demikian kata Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB).

Australia telah menjadi pendukung utama proses pencarian pesawat yang diyakini terhempas jatuh ke laut setelah secara misterius beralih jalur dari Kuala Lumpur ke Beijing dan kehabisan bahan bakar.

Setelah pencarian udara dan permukaan laut gagal menemukan tanda-tanda dari Boeing 777-200, para ahli menganalisis transmisi satelit dari pesawat untuk menentukan daerah terbaik untuk mencari pesawat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan survei batimetri untuk memetakan dasar laut dianggap vital sebelum pencarian di bawah air bisa mulai.

Survei ini memetakan 110.000 kilometer persegi (44.000 mil persegi) dari daerah terpencil sejak Mei, sehingga membuka jalan bagi GO Phoenix untuk memindai pencarian sonar.

GO Phoenix akan menderek peralatan bawah air yang sensitif di dasar laut, seperti bagian pesawat yang masih bisa utuh misalnya mesin dan badan pesawat.

Pihak berwenang Australia mengatakan bahwa mereka optimis bahwa pesawat berada di zona pencarian meskipun mereka mengatakan proses pencarian ini bisa memakan waktu hingga satu tahun. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *