PM Jepang Janjikan Pemulihan untuk Pengungsi Longsor Hiroshima

PM Jepang Janjikan Pemulihan untuk Pengungsi Longsor Hiroshima

AFP

BojonegoroToday – Perdana Menteri Shinzo Abe, Senin (25/8) ini mengunjungi lokasi pengungsian korban tanah longsor Hiroshima untuk pertama kalinya.

Abe mengenakan pakaian pelindung muda yang merupakan seragam khusus untuk pihak yang melakukan pemulihan pasca tragedi longsor Rabu 20 Agustus lalu dan berbincang dengan warga yang menjadi korban, demikian sebagaimana yang dilansir dari AFP.

Ia sebenarnya sudah menjadwalkan keberangkatannya untuk menemui para korban sejak Minggu 24 Agustus 2014. Namun ia menunda jadwal tersebut karena cuaca buruk.

Dalam kunjungan tersebut Abe berjanji untuk memberikan dukungan penuh kepada para korban. Pihak pemerintah mengharapkan agar dapat menjalin hubungan kerja sama yang erat dengan pemerintah lokal dalam melakukan pemulihan terhadap kondisi di Hiroshima nantinya.

Kepada wartawan ia berjanji akan melakukan yang terbaik dan akan berupaya mengembalikan kondisi menjadi normal kembali seperti sedia kala, demikian sebagaimana dilansir AFP.

Saat ini jumlah korban tewas akibat longsor Hiroshima meningkat hingga 54 orang, dan lebih dari 28 orang hilang, demikian menurut polisi setempat.

Hingga kini 1600 warga yang selamat mengungsi di sekolah-sekolah, balai kota, dan gedung –gedung publik lainnya. Sekitar 150.000 warga Hiroshima sudah dihimbau untuk melakukan evakuasi akibat hujan deras yang turun di Hiroshima beberapa hari pasca longsor untuk menghindari insiden longsor susulan. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *