Rapat Petinggi Afrika Barat Siapkan Pasukan untuk Lawan Boko Haram

Rapat Petinggi Afrika Barat Siapkan Pasukan untuk Lawan Boko Haram

JapanToday

BojonegoroToday – Niamey –Pasukan militer di sejumlah daerah akan dibentuk untuk melawan kelompok Boko Haram di Nigeria. Pasukan tersebut dijadwalkan akan mulai beroperasi pada bulan November sebagaimana hal itu merupakan hasil rapat para pemimpin Afrika Barat di Niger, Selasa (7/10), sebagaimana dilansir dari AFP.

Para pemimpin Afrika tersebut yakni dari pemimpin Nigeria, Niger, Chad dan Benin, dan menteri luar negeri dari Kamerun sepakat untuk mempercepat penciptaan markas untuk kepolisian dan batalyon militer. Mereka nantinya akan dikerahkan ke perbatasan kita masing-masing negara selambat- lambatnya tanggal 1 November, demikian kata seorang kepala negara mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Markas besar baru untuk pasukan khusus berkekuatan militer itu sekarang direncanakan akan selesai pada 20 November.

“Setelah memperoleh kemerdekaan, kelangsungan hidup negara kita belum pernah begitu terancam oleh ancaman terorisme, dengan kekuatan divisi dan kejahatan terorganisir,” kata Presiden Niger Mahamadou Issoufou yang menjadi tuan rumah  rapat  tersebut.

Pada bulan Juli, Niger, Nigeria, Chad dan Kamerun masing-masing akan mengerahkan hingga 700 tentara untuk menciptakan pasukan multinasional untuk melawan kelompok Nigeria Boko Haram yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang sejak tahun 2009.

Para militan tersebut dianggap mengendalikan lebih dari puluhan kota dan desa di timur laut Nigeria. Militer Nigeria telah berjuang untuk merebut kembali semua tanah yang hilang sebagai bagian dari serangan yang diluncurkan Mei 2013. (tri/AFP)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *