Ratusan Bus Jamaah Haji di Makkah Sudah Beroperasi

jamaah haji makkah

Foto: puskeshaji.depkes.go.id

BojonegoroToday – Bus Shalawat, transportasi yang disiapkan untuk mengantar jama’ah haji asal Indonesia hari ini (17/11/2014) sudah mulai beroperasi sebanyak 120 bus dari total 150 bus. Bus ini digunakan untuk mengantar jama’ah haji dari pemondokan ke Masjidi Haram dan sebaliknya.

150 unit bus yang telah dipersiapkan ini rencananya akan mengangkut 155.200 jama’ah haji di Makkah An-Nabawiyyah. Namun saat ini masih beroperasi 120 bus yang mampu menangani 95 kloter jamaah haji atau sekitar 40.471 orang, sebagaimana yang disampaikan Kepala Kantor Misi Haji Indonesia Daker Makkah, Endang Jumali, kepada wartawan. 

Jarak antara pemondokan dengan Masjidil Haram memang lumayan jauh. Oleh karena itu telah dipersiapkan bus shalawat tersebut. Rencana pengoperasian 150 armada belum sesuai target dikarenakan sebagian bus mengalami keterlambatan, sebagaimana disampaikan Suhendro Wagiono Irsyad, Kasi Transportasi Daker Makkah. Suhendro menghimbau agar jama’ah bersabar dan tidak berangkat dalam satu rombongan besar untuk menghindari berdesak-desakan. 

Disamping itu, PPIH di Makkah membuka call center bagi para jama’ah yang kesasar. Call center itu bisa dikontak di 0554398912 dan akan dilayani hingga 24 jam. Hingga saat ini sudah banyak jama’ah haji yang kesasar menelepon ke call center untuk minta bantuan. Jama’ah yang kesasar tidak tahu sedang berada di lokasi mana, kemudian petugas membimbing mereka untuk sampai di halte bus atau menuju petugas terdekat. 

Sedangkan di Madinah, puluhan bus sudah beroperasi mengantar-jemput jama’ah haji di luar markaziyah saat shalat lima waktu. Ini sebagai konsekuensi atas ditaruhnya jama’ah haji Indonesia diluar batas markaziyah atau lebih dari 650 meter dari masjid Nabawi. Hingga saat ini, jama’ah haji di Madinah yang berada diluar markaziyah berjumlah sekitar 17.000 orang. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *