Seakan Bisa Menyentuh Benda Nyata dari dalam Monitor

Teknologi 3D Bisa Menyentuh Benda Nyata dari dalam Monitor

Japan Today

BojonegoroToday – Sebuah teknologi yang dapat menghasilkan citra 3D yang dapat disentuh Senin (1/9/2014) ini diresmikan di Tsukuba, Jepang. Pengguna nantinya dapat menarik dan juga mendorong benda-benda yang tidak nyata di dalam monitor, demikian dari JapanToday.

Teknologi ini diyakini akan semakin membuat pengalaman gaming menjadi lebih seru. Karena pengguna bisa membentuk atau menciptakan apapun secara fisik yang ada di komputer. Perusahaan pembuatnya adalah Miraisens yang dikenal sebagai perusahaan yang membuat produk berteknologi tinggi yang lokasinya ada di Tsukuba, timur Tokyo.

Dalam konferensi persnya, Kepala Eksekutif Miraisens, Natsuo Koda, mengungkapkan “Menyentuh adalah bagian penting dari komunikasi manusia, namun virtual reality yang ada sekarang masih kurang dalam hal itu,”

Mantan peneliti Sony di bagian Virtual Reality ini juga menjelaskan bahwa “Teknologi ini membuat anda merasa seakan anda dapat menyentuh benda-benda di dunia 3D,”

Cara kerja teknologi ini adalah dengan memanipulasi otak, gambar-gambar yang dilihat mata berasal dari berbagai pola yang berbeda yang dihasilkan dari vibrasi perangkat kecil yang disentuh oleh ujung jari, demikian kata Norio Nakamura, penemu teknologi 3D-Haptics.

Pihak perusahaan berencana mengkomersialkan teknologi ini. Miraisens yakin bahwa teknologi ini akan memberikan manfaat yang lebih untuk berbagai bidang.

Misalnya dalam bidang kedokteran, teknologi ini bisa membantu untuk operasi jarak jauh bagi para dokter, atau bisa juga untuk membantu pasien tuna netra untuk berjalan. Sementara di bidang gaming, teknologi ini bisa memperkaya pengalaman saat bermain. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *