Sejumlah Negara Kirimkan Tenaga Medis Melawan Ebola

Sejumlah Negara Kirimkan Tenaga Medis Melawan Ebola

AFP

BojonegoroToday – Badan kesehatan PBB memperkirakan bahwa sekitar 500 tenaga kesehatan asing dan sekitar 1.000 dokter lokal serta perawat dibutuhkan untuk menghentikan gelombang virus mematikan melalui Afrika Barat.

Karena semakin bertambahnya jumlah korban tewas akibat ebola, maka Kuba pun berjanji akan mengirimkan 62 dokter dan 103 perawat ke Sierra Leone.

“Mulai minggu pertama Oktober, petugas kesehatan Kuba akan tinggal selama enam bulan, “demikian kata Menteri Kesehatan Kuba, Roberto Morales Ojeda, di acara konferensi pers di Jenewa, Jumat (12/9).

“Semua tenaga medis ini sebelumnya pernah berpartisipasi dalam situasi pasca-bencana. Dan semua sukarela untuk menjalankan misi ini,” katanya menegaskan komitmennya.

Kuba memang dikenal memiliki tradisi mengirimkan petugas medis di dunia untuk membantu situasi serius yang terjadi di seluruh dunia. Ia menjanjikan tim terbesar yang dikirimkan sampai saat ini ikut serta mengambil bagian dalam perang melawan Ebola.

Selain Kuba, negara lain juga terlibat untuk misi sosial ini. Amerika Serikat telah mengirimkan sekitar 100 tenaga medis, dan Uni Afrika berjanji minggu ini untuk mengirim sekitar 100 lebih petugas medis.

Tidak ketinggalan juga negara China yang sudah mengirimkan tim kesehatannya, Perancis yang mengirimkan dokter untuk Guinea,dan Inggris yang juga berencana untuk membangun dan membantu staf rumah sakit lapangan di Sierra Leone.

WHO dan badan amal Doctors Without Borders setidaknya menyiagakan sekitar 200 ahli medis internasional di lokasi epidemi. (tri/sumber:AFP)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *