Siding Spring, Komet Besar yang Akan Tabrak Mars

Komet Siding Spring

Komet Siding Spring

BojonegoroToday – Peneliti NASA berhasil mengidentifikasi komen dengan kecepatan super yang bergerak menuju Mars. Kejadian langka ini diperkirakan hanya terjadi sekali dalam satu juta tahun.

NASA menyebut komet ini sebagai Siding Spring (C/2013 A1). Keberadaan komet ini telah diabadikan oleh salah satu kendaraan ulang alik NASA.

Komet Siding Spring diperkirakan berdiameter hingga 1,6 kilometer, atau setara dengan gunung di Bumi. Walaupun sangat besar, tapi susunan material komet ini sangat rapuh sehingga mudah hancur bila tertabrak obyek luar angkasa lainnya.

Siding Spring akan bersenggolan dengan Mars dengan jarak 139.500 kilometer yang diperkirakan akan terjadi pada Minggu (19/10). Bagian terluar komet diperkirakan akan bergesekan dengan permukaan Mars, dengan laju komen mencapai 202.000 km/jam.

“Saya pikir kemungkinan komet ini tidak akan hancur. Tapi apakah dia akan mempertahankan strukturnya atau tidak, itu yang menjadi daya tarik,” komentar Jim Green, direktur observasi NASA.

Ahli astronomi mengatakan bahwa komet ini telah berselancar di luar angkasa lebih dari 1 juta tahun, dan akhirnya akan melintasi Mars. Komet ini tidak akan muncul lagi selama 1 juta tahun berikutnya. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *