Takut Adegan Buruk Ditiru, Pemerintah Kazakhstan Larang Anak-Anak Nonton SpongeBob Squarepants

Takut Adegan Buruk Ditiru, Pemerintah Kazakhstan Larang Anak-Anak Nonton SpongeBob Squarepants

Ilustrasi: indianexpress

BojonegoroToday – Film kartun Spongebob Squarepants dilarang untuk ditonton anak-anak di Kazakhstan. Pasalnya film tersebut sarat bermuatan adegan-adegan yang negatif yang tidak pantas untuk disaksikan anak-anak kecil.

Dampak negatif  kartun di TV tersebut ditegaskan oleh Kementerian Pendidikan Kazakhstan yang menyatakan bahwa karakter Spongebob dan teman-temannya mengandung budaya holiganisme, bullying, dan kekerasan. Pemerintah pun memerintahkan pada orang tua untuk melarang anak-anak melihat tayangan tersebut.

Senada dengan pemerintah, pihak Ketua Komite Perlindungan Hak Anak, Zabira Oraztalieva mengatakan, bahwa perilaku yang ditampilkan melalui tokoh-tokoh kartun Spongebob bisa memberikan contoh yang buruk dan bisa merusak pola pikir anak-anak. Anak-anak kecil bisa meniru apa yang disaksikan dari acara tersebut.

Oraztalieva menghimbau bahwa peran aktif orang tua dan tanggung jawab mereka kepada anak-anaknya berperan sangat penting dalam hal ini.

Orang tua harus melarang anak-anaknya menonton kartun ini karena pengaruh unsur-unsur negatif yang bisa menular pada mereka.  Bahkan dalam tayangan tersebut, adegan yang buruk tersebut dilakukan seakan-akan itu hal yang menyenangkan dan bisa dibenarkan. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika anak-anak menirunya.

Kendati melarang, Pemerintah Kazakhstan sendiri tidak mencekal tayangan acara Spongebob Squarepants di TV. Pasalnya masyarakat bisa mudah mendapatkan film ini dari internet dan media lainnya. (tri/Mirror)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *