Topan Vongfong Hantam Pulau-Pulau Besar di Jepang, 68 Cedera

Topan Vongfong Hantam Pulau-Pulau Besar di Jepang, 68 Cedera

Foto: JapanToday

BojonegoroToday – TOKYO -Topan Vongfong bergerak ke pulau-pulau utama di Jepang Senin (13/10). Setidaknya satu orang hilang dan puluhan terluka, serta 550 penerbangan dibatalkan, demikian kata pemerintah Jepang dan media Jepang, Japan Today.

Angin topan ini memiliki kecepatan hingga 180 kilometer per jam yang berhembus di kawasan daratan di Makurazaki di pUlau Kyushu Senin pagi, demikian menurut badan meteorologi Jepang.

Topan ke-19 tersebut telah melanda gugusan pulau barat daya Jepang dari Okinawa pada akhir pekan ini, terletak di Kochi pusat pada pukul 18.00 waktu Jepang dan masih membawa angin kencang dan hujan deras.

Diperkirakan topan ini masih akan menghempas di daerah timur laut di berbagai kepulauan Jepang dengan kecepatan 30 kilometer per jam, kata badan meteorologi setempat. Bahkan kemungkinan akan mencapai Kanto di hari Selasa nanti.

Saat malam turun hujan yang sangat deras di Tokyo. Peringatan akan timbulnya banjir mulai banyak diumumkan kepada warga setempat.

Kepala ahli Badan meteorologi, Hiroshi Sasaki, dalam konferensi pers menyatakan masyarakat untuk waspada terhadap topan dan gelombang tinggi karena angin bisa melanda dengan sangat kuat bahkan di daerah yang jauh dari pusat topan.

“Jangan mendekati daerah berbahaya seperti sungai atau pantai,” kata Sasaki, “Tolong jaga keselamatan Anda sebelum angin dan hujan semakin kuat.”

Tayangan televisi di Jepang menunjukkan atap dan dinding rumah runtuh oleh hembusan di Makurazaki, sementara gelombang besar juga terlihat kuat dan berkekuatan besar.

Angin kencang juga menghancurkan dinding blok beton sementara aliran berlumpur menderu deras di sepanjang sungai di daerah lain Kyushu.

NHK mengatakan sedikitnya 68 orang terluka akibat topan. Termasuk 23 korban yang terluka karena badai raksasa yang melanda kepulauan Okinawa selatan.

Pemerintah setempat mengeluarkan arahan evakuasi bagi 820.000 warga di seluruh negeri. Menurut pantauan NHK, sebanyak curah hujan 60 milimeter turun setiap jamnya dan gelombang setinggi 9 m tercatat di Jepang barat.

Bahkan di daerah Shizuoka, Jepang tengah, topan Vongfong memakan korban. Sebanyak tiga orang China tersapu gelombang tinggi yang dipicu oleh topan tersebut pada hari Minggu sore (12/10) saat mereka sedang memancing di pantai, demikian kata seorang juru bicara polisi setempat.

“Dua dari mereka berhasil diselamatkan tapi satu orang berusia 26 masih hilang,” kata juru bicara tersebut. (tri/JT)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *