Topan Vongfong Menyapu Kawasan Selatan Jepang, 20 Orang Terluka

Topan Vongfong Menyapu Kawasan Selatan Jepang

BojonegoroToday – Naha -Topan Vongfong menghantam Jepang pada hari Sabtu, (11/10) membuat sekitar 20 orang luka-luka. Topan tersebut melanda pulau Okinawa selatan diiringi putaran angin yang dahsyat dan hujan lebat.

Topan Vongfong diperkirakan sekitar 110 kilometer di bagian tenggara dari Kota Naha di daerah selatan Jepang Okinawa, demikian menurut badan meteorologi nasional sebagaimana dikutip dari JapanToday.

Meskipun kekuatan topan kali ini tidak termasuk kategori “super” menurut Typhoon Warning Center, namun pihak pemerintah Jepang mengatakan bahwa insiden itu sangat kuat dan besar. Pemerintah Jepang memperingatkan adanya gelombang tinggi, hujan deras dan tanah longsor yang mungkin terjadi.

Topan Vongfong berhembus sekitar 234 kilometer per jam, topan itu bergerak ke utara perlahan-lahan, di 15 kilometer per jam.

Akibat topan tersebut bandara Naha ditutup dan akses jalan serta transportasi darat juga terganggu.

Vongfong diprediksi akan bergerak mendekati pulau utama Jepang selatan Kyushu pada awal hari Senin setelah memporak-porandakan daerah Okinawa,demikian kata badan meteorologi.

Okinawa telah mengalami badai topan dan hujan lebat, yang menyebabkan pemadaman istrik hampir di 33,000 rumah tangga.

Lebih dari 10.000 penduduk terutama di daerah pesisir disarankan untuk melakukan evakuasi.

Topan Vongfong menyerang Jepang hanya seminggu setelah bencana alam melanda kawasan Jepang yakni letusan gunung Ontake yang menewaskan hingga 56 pendaki. Lalu sebelumnya longsor hebat yang terjadi akhir Agustus lalu akibat hujan deras di Hiroshima barat Jepang yang menewaskan lebih dari 70 orang. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *