Tragedi MH17: Empat Jasad Akan Dipulangkan ke Indonesia

Tragedi MH17: Empat Jasad Akan Dipulangkan ke Indonesia

Foto: Telegraph

BojonegoroToday – Saat ini Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia masih melakukan proses terkait pemulangan empat jenazah warga Indonesia yang menjadi korban pesawat Malaysia MH17 ke pihak keluarga masing-masing, demikian salah seorang pihak pemerintah menuturkan pada hari Jumat (23/8).

Pernyataan juga diungkapkan oleh Direktur Departemen untuk bantuan hukum dan perlindungan WNI di luar negeri, Tatang Budie Utama Razak, bahwa sisa-sisa serpihan empat korban tewas masih berada di fasilitas forensik di Amsterdam. Pihak kedutaan Indonesia saat ini sedang berusaha mengurus dokumen untuk pemulangan para korban tersebut dan menunggu izin untuk pelepasan sisa-sisa dari tim forensik

Tatang menyebutkan bahwa ada keluarga korban yang ingin agar sisa-sisa jasad dikubur di Belanda, Kemudian ada juga keluarga korban yang ingin agar jenazah dan sisa-sisanya dipulangkan kembali ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, tragedi pesawat Malaysia yang ditembak rudal di Ukraina 17 Juli lalu menimbulkan duka mendalam bagi para kerabat dan keluarga korban. Seluruh penumpang yang berjumlah 298 tewas, termasuk di antaranya 193 warga Belanda. Sementara korban dari Indonesia sebanyak 12 orang. Empat jenazah bersiap untuk dipulangkan ke Indonesia dan delapan sisanya masih diotopsi di Amsterdam.

Pihak Barat menuduh kelompok separatis Rusia bertanggung jawab dengan insiden penembakan MH17 ini. Namun tuduhan itu ditentang pihak Rusia, dan menyebut Ukraina sebagai pihak yang harus disalahkan. (TRI)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *