Ulama Terkemuka Saudi Peringatkan Muslim Hati-Hati dengan Seruan Jihad dari Kelompok Sesat ISIS

Ulama Terkemuka Saudi Peringatkan Muslim Hati-Hati dengan Seruan Jihad dari Kelompok Sesat ISIS

BojonegoroToday – Ulama Sunni Arab Saudi memperingatkan pemuda Muslim untuk tidak mengikuti seruan ” jihad” yang dikeluarkan oleh kelompok-kelompok sesat, ungkap kantor berita resmi SPA sebagaimana dilansir dari AFP Jumat (29/8) kemarin.

“Anak-anak muda seharusnya tidak membiarkan diri mereka dipengaruhi oleh panggilan untuk jihad … di atas prinsip-prinsip sesat,” kata Mufti Syaikh Abdul Aziz al-Syaikh.

“Ini merupakan musibah besar bahwa pemuda kita sedang dieksploitasi sebagai bahan bakar pemberontakan makar dan mengiming-imingi mereka untuk terjun ke zona perang dengan dalih jihad”, demikian ungkap Syaikh sebagaimana dilansir AFP.

“Mereka yang sudah membahayakan kehidupan pemuda Saudi telah melanggar aturan Allah dan telah berdosa.”

Ulama tinggi di Saudi, Syaikh Abdul Aziz dalam komentarnya pada tanggal 18 Agustus, telah mengutuk kelompok Al-Qaeda dan ISIS sebagai “musuh nomor satu” Islam.

Sementara pada hari Selasa, kementerian dalam negeri mengumumkan delapan penangkapan di barat laut Arab Saudi karena dicurigai merekrut sejumlah pemuda muslim untuk bergabung ISIS di Irak dan Suriah.

Pemberontak ISIS mencoba meluaskan cakupannya menuju ke wilayah Sunni selain di Irak dan Suriah.

Raja Abdullah berjanji pada tanggal 29 Juni lalu dengan menyatakan,”Kami tidak akan membiarkan segelintir teroris, menggunakan Islam untuk tujuan pribadi, untuk menakut-nakuti umat Islam atau melemahkan negara kita dan penduduknya.” demikian dilansir dari AFP.

Saudi merupakan negara Kerajaan ultra-konservatif dan sebagian besar merupakan Sunni. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *