WHO dan Para Ahli Medis Masih Berdebat Soal Eksperimen Ebola

WHO dan Para Ahli Medis Masih Berdebat Soal Eksperimen Ebola

BojonegoroToday–Para ahli berkumpul di Jenewa pada hari Kamis (4/9/2014), untuk berunding tentang masalah eksperimen pengobatan dalam penanganan kasus virus Ebola.

Dari AFP, setidaknya acara yang dihelat oleh WHO tersebut dihadiri sekitar 200 orang meliputi pembuat kebijakan, para pakar etika, dokter, peneliti dan perwakilan pasien dari negara-negara yang terkena dampak ebola. Ebola kini menjadi ancaman serius sebagai wabah y ang berkembang di barat Afrika, dan setidaknya berhasil memakan korban hingga 1.900 orang.

Wabah Ebola yang terjadi belum pernah sebesar, sekompleks dan seluas kali ini. Ada keinginan yang sangat besar dari masyarakat untuk melakukan upaya apapun terkait sistem kesehatan dan pengobatan medis untuk menangani kasus epidemi ini, demikian ungkap WHO dari AFP, Kamis (4/9/2014).

Pertemuan dengan para ahli tersebut bertujuan untuk meninjau dan mengevaluasi perkembangan terapi dan vaksin untuk virus Ebola. Termasuk untuk menginformasikan pihak otoritas negara yang terkena dampak virus tentang perawatan yang tersedia, serta kemudahan kontak antara negara-negara yang terkena penyakit dan negara-negara yang memberikan bantuan pengobatan.

Para ahli kesehatan internasional semakin mengingatkan baru-baru ini bahwa para pemimpin dunia harus berbuat lebih banyak untuk mengatasi epidemi Ebola. Wilayah yang paling berdampak adalah kawasan Guinea, Sierra Leone dan Liberia.

Maraknya epidemi Ebola yang dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, membuat dunia internasional semakin memberikan perhatian pada wabah berbahaya ini. Apalagi korban yang sudah tewas akibat Ebola sudah mencapai 1900 orang. (tri)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *