48 Negara Belajar Hidup Harmoni Bersama Gunung Merapi

48 Negara Belajar Hidup Harmoni Bersama Gunung Merapi

BojonegoroToday – Konferensi Internasional bertajuk City on Volcano akan digelar di di Yogyakarta,pada Tgl. 9-13 September 2014 mendatang. Konferensi kedelapan ini sengaja memilih Indonesia sebagai tuan rumah. Selain karena Indonesia memiliki 127 gunung api yang aktif, masyarakat Indonesia juga sudah biasa hidup berdampingan dengan damai bersama gunung berapi.

Sejumlah delegasi dari 48 negara dikonfirmasi akan datang dalam even tersebut. Penyelenggaraan konferensi itu sendiri terkait dengan pembahasan tentang metode untuk bisa hidup di daerah yang memiliki gunung api dengan harmoni, sesuai tema proposal yang diajukan Indonesia “Living Harmony with Volcano” dengan obyek utama Gunung Merapi.

Diungkapkan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, bahwa Sebanyak 4 juta orang tinggal di daerah rawan bencana gunung api di Indonesia, sebagaimana dilansir dari Tempo, Jumat, (5/9/2014).

Surono menambahkan bahwa gunung api menjadi lahan kajian dan penelitian secara ilmiah. Namun demikian penerapan ilmu ini ke dalam kehidupan masyarakat di sekitar gunung api menjadi jauh lebih penting. Konferensi ini diharapkan mampu menyalurkan ilmu tersebut kepada masyarakat.

Konferensi City on Volcano akan diadakandi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Peserta konferensi nantinya akan diajak untuk melihat pameran di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dan juga mendaki ke puncak Merapi. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *