Akhir Agustus, Sumatra Utara Mulai Hadapi Musim Hujan

Akhir Agustus, Sumatra Utara Mulai Hadapi Musim Hujan

BojonegoroToday – Dilansir dari situs resmi Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Rabu (27/8) Prakiraan cuaca mulai menunjukan tanda-tanda masuknya musim hujan di wilayah Sumatra Utara.

Sebagaimana diungkapkan Kabid Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, yakni Hendra Suwarta bahwa musim hujan tersebut diperkirakan akan terjadi di Sumut menjelang hari-hari terakhir di bulan Agustus 2014 ini.

Sementara puncak terjadinya hujan diperkirakan akan turun pada Oktober dan November 2014 dengan waktu curah hujan yang cukup bervariasi. Namun hendra memperkirakan bahwa potensi hujan kemungkinan akan lebih besar terjadi pada sore hingga malam hari, demikian ungkapnya pada Selasa (26/8/2014).

Ia juga menjelaskan bahwa wilayah Sumatra yang nantinya kemungkinan akan mendapat curah hujan tertinggi adalah wilayah yang berada di sekitar area pantai barat dan pantai timur Sumut.

Hal itu terjadi karena pengaruh pemanasan suhu permukaan laut. Sehingga meningkatkan intensitas pembentukan uap air hingga menyebabkan pembentukan awan yang mengandung hujan.

BMKG juga menyatakan bahwa meskipun sudah memasuki musim hujan, suhu cuaca di Sumut diperkirakan akan tetap hangat pada siang hari. Kondisi ini  sebenarnya menunjukkan penurunan suhu yakni sekitar 33 derajat celsius, sementara bulan-bulan sebelumnya berkisar 34-35 derajat, pungkasnya.(es)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *