BNPT Bentuk Tim Penindak untuk Buktikan ISIS Teroris

BNPT Bentuk Tim Penindak untuk Buktikan ISIS Teroris

Foto: Guardian

BojonegoroToday – Kemunculan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS ) yang meresahkan baru-baru ini membuat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyad Mbaai, mencoba melakukan pengamatan lebih lanjut tentang ISIS di Irak dan Suriah.

BNPT membentuk tim penindak untuk mencari tahu data yang detail dan akurat mengenai ISIS. Menurutnya, ia tidak bisa berbicara tentang ISIS dengan penegakan hukum dan menyatakan ISIS sebagai teroris tanpa memiliki bukti yang jelas tentang hal itu.

Dalam sebuah acara hari Senin (25/8) kemarin, ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan teleconference dengan KBRI di Irak dan Suriah, sebelum pihaknya dijadwalkan untuk berangkat, ungkapnya di di Hotel Borobudur, Jakarta.

Selain menugaskan tim penindak ke Suriah dan Irak. Ansyad menyatakan bahwa pihaknya akan siap bekerja sama untuk memberantas ISIS dengan negara-negara lain.

Ansyad menyatakan bahwa senjatanya adalalah law enforcement, dikarenakan untuk memberantas ISIS harus disertai dengan adanya bukti-bukti yang akurat. Oleh karena itu diperlukan kerjasama internasional untuk mewujudkannya.

Kepala BNPT tersebut juga menambahkan bahwa selama ini pemerintah melalui Menkominfo juga telah berupaya untuk mencegah penyebaran berita mengenai ISIS yang beredar lewat Youtube.

Meskipun Youtube sudah diblokir, namun masyarakat masih bisa mengakses berita tentang ISIS. Sehingga menurut Ansyad perlu untuk dilakukan kerjasama internasional dengan negara lain yang punya kemampuan teknologi siber yang canggih dan advance.(es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *