Buang Sampah Sembarangan Didenda 50 Ribu

Buang Sampah Sembarangan Didenda 50 Ribu

BojonegoroToday -Buang sampah sembarangan menjadi problem lingkungan dan sosial yang masih dianggap enteng. Untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sendiri telah menyusun peraturan bagi warga Sidoarjo berdasarkan Perda nomor 6 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah dan retribusi pelayanan sampah dan kebersihan.

Pelaksanaannya akan dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Sidoarjo dan SatPol PP Kabupaten Sidoarjo.

Kepala DKP Bahrul Amig menyatakan pada hari Kamis (25/9) bahwa pihak-pihak yang melakukan pelanggaran peraturan dengan membuang sampah sembarangan akan ditangkap oleh SatPol PP. Bahkan pelanggar nantinya bisa dikenai tindak pidana ringan dan juga denda.

Pihak yang melanggar akan disita KTP-nya dan digelandang ke kantor Satpol PP untuk sidang dalam mempertanggungjawabkan perbuatannya yang merusak lingkungan. Denda yang akan dikenakan bagi pelanggar adalah Rp 50.000.

Bahrul menyatakan bahwa ia berharap pihak petugas akan menindak pelanggar sesuai aturan yang berlaku. Dengan demikian tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan di tempat-tempat yang tidak semestinya.

Tim khusus ini sudah menjalankan tugasnya dalam waktu seminggu ini. Hasilnya ada kurang lebih 15 pelanggar yang ketahuan membuang sampah sembarangan sehingga diproses sesuai perda. Kendati pihak pelanggar menolak, namun tim yang bertindak sangat tegas sehingga aturan tetap dijalankan.

Area yang kerap dijadikan “tempat sampah” oleh warga adalah area lahan kosong seperti di kawasan Lingkar Timur. Bahkan di sejumlah perumahan ternyata warganya masih belum menyadari pentingnya buang sampah pada tempatnya. Kesadaran yang kurang ini diharapkan akan berubah dengan dijalankannya aturan perda ini. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *