Cantiknya Seraung, Handicraft Indonesia Khas Suku Dayak

seraung dayakSelain terkenal dengan kerajinan rotannya, ternyata Pulau Borneo juga punya kerajinan unik lain loh. Seraung, topi lebar khas Suku Dayak ini juga termasuk handicraft Indonesia yang mulai naik daun. Seraung sering digunakan masyarakat Suku Dayak sebagai pelindung kepala saat menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Tidak hanya melindungi mereka dari terik matahari dan hujan, seraung juga berguna melindungi pemakainya dari serangan ular yang habitatnya di pepohonan.

Bentuk handicraft Indonesia, seraung ini sekilas mirip dengan topi caping karena ukurannya yang lebar. Seraung terbuat dari bahan daun biru, sejenis daun palem yang lebar dan banyak tumbuh di pedalaman hutan Borneo. Untuk mendapatkan daun tersebut, masyarakat Dayak Kenyah di Datah Bilang Hilir harus menempuh 2,5 jam perjalanan menggunakan perahu ketinting, dilanjutkan berjalan kaki sekitar 2 jam.

Karena sulitnya mencari daun tersebut, akhirnya masyarakat Dayak pun mengganti bahan dasar seraung dengan sejenis pohon pandan atau kajang yang lebih mudah diperoleh. Untuk pembuatannya sendiri, topi ini memakan waktu berminggu-minggu. Proses pembuatannya juga dibutuhkan ketelitian dan kerapihan agar hasilnya lebih maksimal.

Proses pembuatannya dimulai dengan mengeringkan daun biru selama satu minggu, kemudian cuci hingga bersih sekitar lima menit. Daun yang telah terbuka, lalu diluruskan dengan cara digulung-gulungkan di tangan. Simpanlah di bawah tikar agar lurus dan rata selama kurang lebih seminggu.

Daun yang sudah rata, kemudian disusun dan dijahit melingkar seperti kerucut. Setelah selesai dibentuk, daun-daun tersebut dilapisi dengan kain berwarna cerah dan dihias manik-manik atau sulaman. Bagian pinggir topi juga diperkokoh dengan lidi dari daun kelapa. Seraung nan cantik pun siap dipakai.

Selain digunakan untuk melindungi kepala ketika di luar rumah atau beraktivitas di hutan, topi seraung ini juga sering dipakai dalam ritual upacara adat dan juga sebagai hiasan dinding. Bahkan untuk seraung ukuran kecil sengaja dibuat khusus untuk suvenir.

Seraung begitu erat dengan masyarakat Dayak, maka tidak heran jika salah satu tarian Dayak bernama tari seraung bercerita mengenai handicraft Indonesia, topi seraung. Nah, topi seraung ini bisa Anda temui di kawasan Kalimantan khususnya Dayak Kenyah yang tinggal di Lekaq Kidau, Kalimantan Timur. Tertarik menjelajah budaya di Pulau Borneo? Jangan lupa untuk memiliki suvenir cantik topi seraung untuk koleksi di rumah ya.

You may also like...