CPNS Sekarang Beda, Pendaftar Harus Baca Infonya dengan Cermat

CPNS Sekarang Beda, Pendaftar Harus Baca Infonya dengan Cermat

BojonegoroToday – Proses pendaftaran CPNS tahun 2014 ini berbeda dengan sebelumnya. Semua proses dilakukan dengan satu jalur online yakni sesuai dengan ketentuan yang tercantum di http://panselnas.menpan.go.id

Metode seleksi nantinya akan dilakukan dengan Computer Assisted Test di mana akan memudahkan  pelamar  yang lolos seleksi administrasi untuk menjalankan tes di perguruan tinggi yang ditunjuk yang dekat dengan tempat tinggalnya. Setidaknya ada 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air yang bisa dipilih untuk melakukan tes CPNS 2014 nanti.

Mia Santi Dewi selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya menyatakan bahwa setidaknya ada tiga perbedaan penting yang harus diperhatikan oleh calon pelamar.

Pertama, seluruh pendaftar wajib mengakses portal website resmi penerimaan CPNS 2014 di http://panselnas.menpan.go.id  untuk langkah awal. Tidak langsung ke website instansi yang dikehendaki.

Di situs panselnas.menpan.go.id nantinya pelamar harus memahami proses dengan teliti dan cermat. Pasalnya pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali. Pendaftar tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah dipilih. Setelah memahami detail langkah-langkahnya pelamar bisa mengisi formulir, yang berisi nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat/tanggal lahir, alamat email, serta instansi yang dituju atau dilamar.

Pelamar tinggal menunggu dalam jangka waktu 1×24 jam untuk mendapat email notifikasi dari pihak panselnas sesuai alamat email yang didaftarkan. Notifikasi tersebut berisi username dan password untuk login ke portal situs masing-masing instansi.

Kedua, dalam proses seleksi CPNS tahun 2014 kali ini, pelamar hanya bisa memilih satu instansi, dan boleh memilih maksimal tiga jabatan pada instansi yang sama  dengan kualifikasi pendidikan yang sama. Misalnya, formasi A, B dan C di instansi Pemerintah Kota Surabaya sama-sama mencantumkan persyaratan S1 Ilmu Ekonomi. Maka, pelamar bisa memilih ketiganya saat mengisi formulir online.

Ketiga, perbedaan dibanding sebelumnya adalah adanya kuota 5 persen untuk satu formasi non-bidang pendidikan serta non-bidang kesehatan yang bisa dipilih pelamar yang memiliki gelar sarjana dari semua disiplin ilmu. Penentuan formasi khusus ini tergantung pada kebutuhan masing-masing pemerintah daerah.

Mia menyatakan bahwa “Untuk Pemkot Surabaya, kuota lima persen digunakan untuk formasi analis kebijakan,” demikian dilansir dari http://www.menpan.go.id/ Senin (1/9/2014).

Untuk mengetahui info CPNS dengan lebih jelas, pelamar bisa mengunjungi panselnas.menpan.go.id dan membaca setiap keterangan yang ada di situs tersebut. Pelaksanaan tes CPNS tahun 2014 ini juga tidak dipungut biaya mulai dari awal mendaftar hingga kelulusan. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *