Dinkes Periksa Warga Sekitar Gunung Slamet Pasca Aktivitas Gunung Mereda

pmi tegal periksa warga gunung slamet

BojonegoroToday – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten tegal bersama PMI Tegal mengadakan pemeriksaan terhadap warga sekitar Gunung Slamet. Berlokasi di halaman Masjid Dusun Sawangan, Desa Sigedong sekitar 400 orang dari desa tersebut mendapat perawatan dan pengobatan gratis.

Kepala DInkes Tegal, dr Hendadi Setiadji melalui Kepala Puskesmas Bumijawa, dr Silvan memaparkan tujuannya mengadakan acara ini adalah untuk memeriksa kondisi kesehatan warga di sekitar Gunung Slamet yang terpapar paling dekat dengan gunung yang sedang erupsi ini. Hasil pemeriksaan kepada berbagai kalangan  mulai dari yang lanjut usia, ibu-ibu dan anak-anak menunjukkan bahwa penyakit kebanyakan adalah sesak nafas, diare, gatal-gatal, hingga sakit mata.

Di sisi lain pengurus PMI Kabupaten Tegal, dr Titin Widyaningsih menambahkan, masyarakat Dusun Sawangan sangat perlu memeriksakan kondisi kesehatannya, apalagi wilayahnya tergolong paling dekat dengan sumber bencana.

Dr Titin mengungkapkan pada Merdeka.com, Senin (15/9) bahwa mayoritas penduduk mengalami penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Meski hal itu sudah berusaha diantisipasi oleh Pemda baik dari BPBD, KODIM, PMI, Dinsos dengan membagikan masker kepada warga baru-baru ini.

Menurut petugas posko PMI Sibat Sawangan, aktivitas Gunung Slamet  akhir-akhir ini cenderung menurun sejak Jumat malam (12/9) pukul 23.00 WIB hingga Senin pagi (15/9). Meski tidak lagi ada semburan lava pijar, hujan material dan abu vulkanik, atau dentuman dari gunung, masyarakat tetap diminta waspada. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *