Dorong Peran Aktif Komunitas Warga untuk Mitigasi Bencana Gunung Api

Dorong Peran Aktif Komunitas Warga untuk Mitigasi Bencana Gunung Api

Foto: Wikipedia

BojonegoroToday – Konferensi City of Volcanoes di Yogyakarta hari Jumat, (12/9) mendiskusikan tentang beragam hal terkait gunung api. Konferensi ini secara spesifik mengacu pada tema hidup harmoni bersama Gunung Merapi.

Salah satu topik yang diulas adalah mengenai peran komunitas dalam membantu upaya mitigasi penanganan erupsi. Karena jika semata-mata menggantungkan upaya penanganan ini  dari pemerintah, maka akan kurang efektif.

Masyarakat dituntut untuk proaktif mencari informasi yang tepat untuk tanggap dan waspada dengan erupsi sehingga keselamatan masyarakat dapat terwujud.

Berkaca pada pengalaman saat erupsi Gunung Merapi 2010 silam, penanganan mitigasi berlangsung optimal karena pihak komunitas warga bekerja sama dengan pemerintah untuk memaksimalkan penyelamatan warga sekitar lereng. Saat gunung di perbatasan DIY. Yogyakarta dan Jawa tengah itu mengalami erupsi, pihak pemerintah, relawan dari sejumlah komunitas ikut aktif terlibat dalam penanganan bencana.

Salah satu komunitas warga yang membantu upaya penanganan bencana tersebut bernama Jalin Merapi. Jalin Merapi ini terdiri dari sejumlah warga yang membantu menyebarkan info yang tepat dalam proses mitigasi terkait Gunung Merapi. Informasi yang didapat dari komunitas ini disebar melalui berbagai media mulai dari handy talkie, radio, HP, hingga media sosial sehingga warga di sekitar gunung bisa mengambil tindakan.

“Dalam penyebaran informasi, para relawan Jalin Merapi mengajak warga untuk ikut menyeleksi dan memverifikasi informasi yang ada. Dengan begitu ada seleksi informasi bersama-sama.” kata Dwie Irmawati Gultom, salah satu yang menjadi pembicara dalam Konferensi City of Volcanoes di UGM Yogyakarta.

Doktor bidang Komunikasi dan Media dari Universitas Canterbury Selandia baru ini juga menjelaskan bahwa lembaga pemerintah terkait gunung api di Indonesia sangat banyak. Untuk membuat efisiensi dan menghemat waktu dalam penyebaran informasi yang tepat pada masyarakat diperlukan komunitas seperti Jalin Merapi. Karena komunitas semacam ini lebih mudah menjangkau masyarakat secara langsung.(es/sumber:Kompas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *