Draft RUU Redenominasi Mulai Digarap Pemerintah

ruu redenominasi

BojonegoroToday – Pemerintah beserta DPR kembali bersiap untuk melanjutkan topik Rancangan Undang-Undang (RUU) berkaitan dengan redenominasi mata uang rupiah.

Rencana untuk penyederhanaan nominal rupiah tersebut diharapkan dapat segera dilakukan dan dilanjutkan pembahasannya bersama DPR, sebagaimana dipaparkan Menteri Keuangan Chatib Basri, di sela-sela acara rilis pecahan Rp. 100.000 mata uang RI emisi 2014, Senin (18/8) lalu.

Chatib berharap pembahasan RUU tentang Perubahan Nominal Mata Uang Rupiah atau biasa disebut Redenominasi tersebut bisa dilakukan dengan lancar sehingga dapat disusun menjadi Undang-Undang (UU) saat sidang DPR berikutnya.

Chatib menyatakan bahwa terkait pembahasan rencana redenominasi ini semoga dapat selesai pada masa sidang saat ini. Namun jika tidak selesai, diharapkan di pemerintahan berikutnya bisa kembali dibahas.

Sementara itu menurut Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martawardojo, pembahasan RUU terkait redenominasi ini akan dipastikan untuk dilanjutkan segera. Penggodokan RUU tersebut diharapkan segera dijadikan UU yang sah sehingga bisa dilakukan sosialisasi dan transisi penyederhanaan nominal mata uang rupiah di masyarakat. Agus menyatakan bahwa redenominasi tersebut akan diberlakukan di semua harga baik sektor barang maupun jasa.

Proses transisi dilakukan dengan mengedarkan uang lama dan redenominasi secara bersamaan. Pemerintah dan pihak BI pun telah sepakat bahwa tiga nol di belakang mata uang rupiah akan disederhanakan (misal; Rp 1.000 menjadi Rp 1). Dalam kurun waktu tertentu mata uang lama akan ditarik perlahan-lahan hingga kepercayaan masyarakat atas pemberlakuan mata uang redenominasi semakin kuat.

Masa transisi redenominasi ini perlu dilakukan setidaknya minimal 6 tahun dan selambatnya 10 tahun. Namun demikian masyarakat tidak perlu khawatir karena redenominasi tidak lantas membuat nilai rupiah menghilang.Faktor yang penting untuk keberhasilan proses ini adalah adanya masa transisi perubahan nominal mata uang dalam situasi ekonomi yang relatif stabil.

Implementasi redenominasi ini diharapkan berhasil dan segera diterapkan di Indonesia. Turki disebut sebagai salah satu negara yang berhasil melaksanakan kebijakan redenominasi sehingga Indonesia harus belajar darinya. (ES)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *