Dua Maskapai Terlambat Mendarat Karena Kabut Asap

Dua Maskapai Terlambat Mendarat Karena Kabut Asap

foto: Wisata Pekanbaru

BojonegoroToday -Pekanbaru – Asap kabut kembalil menghalangi penerbangandi kawasan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau.

Menurut Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II), Toni Hendrik di Pekanbaru, Sabtu (11/10) akibat pekatnya asap kabut yang menyelimuti Pekanbaru, dua maskapai yakni Garuda dan Citilink mengalami keterlambatan mendarat. Garuda terlambat sekitar 30 menit sementara Citilink yang dijadwalkan untuk mendarat pada pukul 07.15 WIB terlambat hingga lebih dari 60 menit sehingga baru berhasil mendarat pada pukul 08.15 WIB.

Keterlambatan tersebut salah satunya dikarenakan minimnya kemampuan daya pandang pilot akibat kabut asap yang menghalangi jarak pandang di kawasan Bandara. Beberapa hari terakhir ini memang asap kabut semakin tebal dan menyelimuti kawasan Pekanbaru hingga menyisakan jarak pandang sejauh 800 meter.

Menurut Tony, apabila jarak pandang hanya berkisar di bawah 1.000 meter maka pihak petugas “Air Traffic Control” (ATC) akan memberikan peringatan kepada pilot untuk lebih berhati-hati.

Beruntung meskipun kondisi asap kabut sangat tebal proses pendaratan berjalan lancar dengan kondisi selamat. Penerbangan pun hanya mengalami penundaan untuk jadwal selanjutnya. Tidak sampai terjadi pengalihan penerbangan.

Sementara itu kondisi kebakaran hutan dan lahan tampak terdapat 147 titik api di daerah Sumatra. Titik api tersebut berhasil tertangkap pantauan Satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi Klimatollogi dan Geofisika (BMKG) hari Sabtu (11/10) i pukul 05.00 pagi WIB. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *