Gubernur Papua Berharap Jokowi akan Benahi Infrastruktur Transportasi

Gubernur Papua Berharap Jokowi akan Benahi Infrastruktur Transportasi

Ilustrasi: Papua perlu memiliki sejumlah moda transportasi untuk menghubungkan antar wilayah dengan efektif

BojonegoroToday – Harapan Papua untuk memiliki infrastruktur yang lebih baik di era kepemimpian presiden yang baru sangat besar. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di Timika pada Senin (22/9).

Lukas memberikan usul bahwa perbaikan dan pembenahan yang dilakukan adalah terkait dengan masalah transportasi. Ia berharap presiden mendatang  Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla akan memberikan perhatian khusus untuk Papua.

Gubernur Lukas Enembe mengungkapkan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan masalah infrastruktur transportasi yang paling sesuai untuk dibangun di Papua agar semua wilayah bisa terhubung satu sama lain dengan mudah.

Ia juga menyatakan bahwa dibandingkan membicarakan soal jalan raya, lebih baik membicarakan tentang moda transportasi karena itu relatif mudah. Lagi pula kondisi medan di Papua tergolong berat.

“Kita sudah minta Pak Jokowi untuk sama-sama memikirkan kira-kira model transportasi apa yang paling gampang di Papua dibandingkan dengan membangun jalan raya karena medan yang sangat berat. Beliau kelihatannya sangat komitmen dengan itu,” kata Lukas.

Lukas menilai bahwa infrastruktur transportasi  yang sekiranya paling sesuai untuk diterapkan di Papua aadalah kereta api. Pasalnya kereta api mampu menjangkau berbagai daerah dengan kondisi topografi dan kondisi alam yang ada di seluruh wilayah Papua.

Selain itu kereta api dianggap transportasi paling ideal  karena proses pembangunan jaringan rel kereta api tidak merusak lingkungan. Hal itu berbeda sekali dengan pembangunan jalan raya.

Meski sudah tahu apa yang cocok, ia mengakui jika kendala pembangunan infrastruktur kereta api ada pada biayanya yang mahal. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *