Gunakan E-KTP untuk Daftar Ke Puskesmas

Gunakan E-KTP untuk Daftar Ke Puskesmas

Foto: Radarlampung.co.id

BojonegoroToday – Warga Surabaya kini semakin mudah untuk mendaftar saat berobat ke puskesmas. Antrean panjang bisa diminimalkan karena petugas pencatat tinggal menempelkan E-KTP ke alat dan data lengkap pasien sudah tersambung ke komputer puskesmas.

Efisiensi ini ini menguntungkan bagi kedua belah pihak. Warga tidak perlu antre dan berdiri lama di  depan petugas, sementara petugas kesehatan tidak perlu mencatat manual untuk mendata pasien yang datang berobat.

Prosedur pencatatan dengan E-KTP ini dilakukan dengan menyerahkan e-KTP, lalu petugas akan memasukkannya E-KTP tersebut ke alat semacam card  reader yang tersambung dengan komputer. Proses tersebut membuat informasi dan biodata yang tersimpan dalam chip KTP terbaca dan otomatis kolom pendaftaran langsung terisi.

Alat berteknologi baru itu diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya pada sepuluh puskesmas yang masih menjadi pilot project. Puskesmas yang melakukan uji coba tersebut adalah Puskesmas Simomulyo, Manukan Kulon, Dupak, Tanah Kali Kedinding, Ketabang, Jagir, Pucang Sewu, Kedurus, Peneleh, dan Kali Rungkut.

Salah satu petugas IT dari Puskesmas Pucang Sewi, Dony Ardianto menyatakan , Sabtu (20/9) lalu bahwa bahwa alat tersebut memudahkan petugas.

Namun saat ini masih belum bisa digunakan karena ada program yang masih perlu untuk diinstal. Alat tersebut nantinya akan terhubung dengan sistem informasi puskesmas (simpus) yang baru.

Tidak seperti simpus desktop lama yang bersifat lokal. Simpus yang baru ini bisa terhubung langsung dengan Dinkes. Inovasi ini akan membantu pihak Dinkes dalam memantau data kesehatan warga di setiap puskesmas Surabaya. Karena data yang ada dimasukkan dalam komputer puskesmas bisa tersambung langsung dengan Dinkes.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita, menyatakan bahwa program dengan inovasi alat baru itu didukung oleh wali kota Surabaya. Ia berharap agar realisasi penerapan alat itu bisa dilakukan mulai Senin (22/9).

Sementara itu baru E-KTP warga Surabaya saja yang bisa dipakai mendaftar. Untuk ke depan pihaknya akan mengupayakan untuk dikembangkan lebih luas lagi. (es)

You may also like...