Gunung Ijen Terbakar, Ratusan Hektar Hutan Hangus

Kawah Gunung Ijen pada pagi hari

Kawah Gunung Ijen pada pagi hari

BojonegoroToday – Banyuwangi – Kebakaran hutan di kawasan cagar alam Gunung Ijen mengakibatkan ratusan hektar lahan tanaman hangus terbakar. Jalur pendakian ke kawah Gunung Ijen untuk sementara ditutup mengingat area kebakaran terus meluas ke arah Pos Bunder (lokasi istirahat wisatawan).

Kondisi ini semakin diperparah dengan hembusan angin ke arah timur menuju area paltuding (lokasi kemah Gunung Ijen).

“Luasan hutan di kawasan lereng Ijen yang terbakar kurang lebih mencapai 300 hektare lebih. Kebakarannya mulai Rabu (15/10/2014), kita imbau wisatawan tidak mendaki ijen,” kata Eka, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Penanggulangan Bencana Alam Banyuwangi.

Secara pasti penyebab kebakaran masih diselidiki. Diduga ini diakibatkan kekeeringan akibat musim kemarau dan banyaknya jenis tanaman perdu yang mengering.

Pemerintah dan tim pemadam kebakaran tiba di lokasi berusaha memadamkan api, namun terhambat karena medan lereng Gunung Ijen yang sulit, kemiringan tanahnya mencapai 45 derajat.

Saat ini hanya ada satu unit mobil pemadam kebakaran milik BKSDA Banyuwangi yang ada di lokasi. Pemadaman api masih terhambat medan yang sulit. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *