Hari Ini Indonesia Mengenang Peristiwa Hari Kesaktian Pancasila

Hari Ini Indonesia Mengenang Peristiwa Hari Kesaktian Pancasila

Foto: ANTARA/ Widodo S Jusuf

BojonegoroToday – Jakarta -Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada  Hari Rabu Tgl. 1 Oktober senantiasa diperingati oleh rakyat Indonesia setiap tahunnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Pemerintah untuk memperingati jasa-jasa pahlawan yang gugur dalam tragedi pemberontakan G 30 S/ PKI tersebut dilakukan dengan menggelar upacara di Monumen Lubang Buaya Cipayung, Jakarta Timur.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para Menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu II, serta 560 anggota DPR terpilih untuk masa jabatan tahun 2014 hingga 2019 dan para pejabat lembaga negara dengan hikmat mengikuti prosesi upacara ini.

Presiden SBY menjadi inspektur upacara  untuk yang ke-10 kalinya yang bertugas memimpin jalannya prosesi upacara tersebut. Ini terakhir kalinya Presiden SBY menjadi inspektur dalam masa-masa menjelang pergantian jabatan kepresidenan kepada Presiden baru terpilih, Joko Widodo.

Dalam upacara terkait Hari Kesaktian Pancasila tersebuti, tema yang diangkat adalah tentang Penguatan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi. Hal itu ditegaskan oleh Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang berperan sebagai Ketua Panitia dalam peringatan ini.

Selain menggelar upacara, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan dengan pengibaran bendera setengah tiang pada Tgl. 30 September dan bendera satu tiang penuh pada Tgl. 1 Oktober. (es)

Untuk mendapatkan pidato terkait Hari Kesaktian Pancasila, silahkan diunduh melalui link berikut.

Link download Pidato

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *