Indonesia akan Monitor Perusahaan Pembakaran Hutan

Indonesia akan Monitor Perusahaan Pembakaran Hutan

BojonegoroToday – Pemerintah Indonesia sedang berupaya memerangi kebakaran hutan yang semakin merajalela di pulau Sumatera dan Kalimantan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkuat penegakan di jalur hukum sesuai dengan keputusan negara untuk meratifikasi perjanjian asap kabut lintas daerah.

Unit Kerja Presiden BidangPengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mengatakan Jumat ini (19/9), bahwa unit ini berencana untuk melakukan sejumlah langkah seperti memonitor semua unit pemerintah.

Penegakan hukum dilakukan secara intensit untuk memberantas pembakaran hutan dan akan dipantau oleh UKP4, demikian diungkapkan oleh Mas Achmad Santosa, wakil penegakan hukum di UKP4.

Achmad mengatakan bahwa unit kerja dan polisi juga berupaya untuk menghukum perusahaan perkebunan yang ikut kontribusi dalam menyebabkan kebakaran hutan, dengan menerapkan “sistem multi-door“, yang merupakan sistem mencari hukuman seberat mungkin sesuai dengan cara hukum.

Baru-baru ini pihak pemerintah Indonesia mengadopsi Perjanjian ASEAN mengenai Polusi Asap Lintas Batas di tengah tekanan dari negara-negara tetangga menyusul penyebaran asap kabut kebakaran hutan karena pembukaan lahan di Sumatera pada Juni lalu. Asap tersebut membuat negara Singapura dan Malaysia diliputi kabut tebal yang merusak kesehatan.

Sementara itu menurut Badan Lingkungan Hidup Nasional Singapura, polusi udara Singapura telah naik ke level tidak sehat pada Senin lalu akibat asap kabut dari kebakaran hutan di Indonesia.

Perjanjian tersebut mewajibkan Indonesia, sebagai salah satu negara anggota, untuk secara aktif melibatkan diri dalam upaya untuk mengurangi polusi udara, baik secara nasional maupun melalui intensifikasi kerjasama regional dan internasional.

Menurut Achmad perjanjian ini secara positif akan membantu usaha negara dalam memerangi kebakaran hutan. Koordinasi ini akan membuat usaha tersebut semakin intensif dan kerja sama penegakan hukum di negara ini dan negara tetangga juga akan semakin maju. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *