Indonesia –Singapura Tandatangani Perjanjian Batas Laut

Indonesia –Singapura Tandatangani Perjanjian Batas Laut

BojonegoroToday – Hari Rabu Tgl 2 September 2014 lalu telah dilakukan proses penandatanganan Perjanjian Penetapan Garis Batas Laut Wilayah di Bagian Timur Selat Singapura. Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari perundingan penetapan garis batas Laut Wilayah di Bagian Timur Selat Singapura dalam 10 pertemuan sejak tahun 2011 hingga Agustus 2014 lalu.

Dilansir dari Kompas, Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa serta Menteri Luar Negeri Singapura K. Shanmugam dalam kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Singapura, Rabu (2/9).

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah menjelaskan bahwa Penetapan garis batas Laut Wilayah ini dilakukan dengan mengacu pada Konvensi PBB tentang Hukum Laut tahun 1982, dan dirundingkan sesuai kepentingan nasional kedua negara.

Bagian batas yang disepakati dalam penandatanganan perundingan ini adalah untuk wilayah perairan Indonesia meliputi Batam sementara Singapura meliputi Changi di area batas Laut Wilayah di Bagian Timur Selat Singapura.

Detail mengenai hal ini adalah batas Laut Wilayah antara RI dan Singapura di bagian Timur Selat Singapura itu merupakan garis yang membentang sepanjang 5,1 mil laut yang merupakan kelanjutan dari garis batas Laut Wilayah di bagian Tengah Selat Singapura.

Hal ini ditentukan berdasarkan Perjanjian Penetapan Garis Batas Laut Wilayah di Selat Singapura yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 25 Mei 1973, serta Perjanjian Penetapan Garis Batas Laut Wilayah di Bagian Barat Selat Singapura yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 10 Maret 2009.

Faizasyah menerangkan bahwa batas Laut Wilayah tersebut dituangkan dalam Perjanjian antara Republik Indonesia dan Republik Singapura tentang Penetapan Garis Batas Laut Wilayah Kedua Negara di Bagian Timur Selat Singapura. Terdapat juga lampiran berisi peta garis batas Laut Wilayah kedua negara di Bagian Timur Selat Singapura dan peta garis batas Laut Wilayah kedua negara di Selat Singapura. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *